Global Pulse 2010 – Menciptakan kondisi dunia yang lebih baik

Assallamualaikum Wr.Wb.

Bismillahirahmanirrahim..izinkan gw untuk memberikan informasi sebuah kegiatan yang diusung oleh pemerintah AS dalam upaya peningkatan kualitas SDM dan SDA baik dari level masyarakat hingga level pemerintahan di Negara masing – masing.

Global Pulse. Sebuah acara internasional yang diselenggarakan oleh pemerintah AS dengan melibatkan seluruh warga didunia berlangsung pada tanggal 29 – 31 Maret 2010 secara serentak dengan menggunakan media virtual atau online.

Acara ini disponsori oleh USAID (US Agency for International Development) serta bermitra dengan departemen luar negerim perdagangan, kesehatan, serta pelayanan sosial yang berada pada negeri paman Sam tersebut. tindakan ini dilatar belakangi oleh beberapa ahli yang berasal dari dari asosiasi profesional yang ingin

melakukan aksi positif guna menciptakan kondisi dunia yang baik. Dengan dibantu dengan kemajuan teknologi terutama perkembangan internet, maka usaha untuk mengapresiasi aksi positif dilakukan dengan cara mengajak warga diseluruh dunia (bebas) untuk dapat mengikuti serta memberikan pendapatnya mengenai kondisi masalah di dunia ini secara langsung (online).

Isu yang diangkat bermacam – macam :

1. Pengembangan global citizen dari abad ke-21

2. Pemberdayaan perempuan (kesetaraan)

3. Memperkuat kemitraan (Building Relation) dengan warga Negara dunia

4. Olahraga, politik, hak sipil

5. Kesehatan global

6. Sains, Teknologi & Inovasi

7. Lingkungan (iklim global)

8. Mengidentifikasi "tantangan besar" dalam periode berikutnya

Dalam kegiatan ini semua tema akan dipimpin dan difasilitasi oleh ahli – ahli yang telah diakui di dunia internasional. Pendaftaran ini gratis, tinggal mengakses : http://www.globalpulse2010.gov

Namun yang menjadi pertanyaan di benak gw pribadi yaitu apakah dapat memberikan solusi yang nyata terutama dari grassroot ? apakah acara ini hanyalah wacana semata yang ingin digalangkan oleh pemerintahan Obama ?

Mungkin untuk melihat sampai sejauh mana usaha positif ini, kita dapat mengikuti forum yang telah terbentuk serta resolusi apa yang telah dihasilkan oleh kegiatan internasional via virtual atau dunia maya ini.

Dan yang menjadi pertanyaan akhir, apakah kita dapat menyelenggarakan acara yang sejenis seperti ini di dunia maya ? mungkin via twitter ? atau mungkin via facebook ?

Gw rasa ini cukup menarik jika dilakukan serupa oleh pekerja sosial dimana setiap daerah di nusantara ini akan dapat saling sharing pengalaman kondisi sosial yang ada atau bisa jadi kita dapat saling memberikan solusi2 yang bermanfaat.

Terima kasih. Semoga info ini bermanfaat..

Salam sukses selalu

Wassallam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s