Jurnal Online UI – Referensi jurnal penelitian buat kita !

clip_image002

Jurnal Makara UI –

Pada artikel kali ini gw akan mencoba menjelaskan salah satu fasilitas website yang dimiliki oleh Universitas Indonesia (UI). Gw sendiri baru mengetahui adanya Jurnal online yang disediakan oleh UI karena mungkin sebelumnya gw juga jarang buka website UI..hehe

Lebih jauh lagi gw mencoba mengeksplorasi website jurnal UI ini karena rasa penasaran serta kebetulan saat ini gw sedang menyusun skripsi sehingga sangat membutuhkan referensi baik itu buku – buku maupun jurnal penelitian. Bisa kita lihat tampilan website www.journal.ui.ac.id di atas dengan tampilan yang cukup menarik.

Setelah mencoba mengklik salah satu option yang ada di website tersebut, saya cukup takjub dengan jumlah pengunjung yang telah mencapai 345.000 orang , kelengkapan indeks yang ada di website serta kemudahan dalam mencari konten website ini. Selain itu, dalam website ini juga disediakan beberapa link yang terkait dengan UI agar masyarakat umum yang membrowsing website ini dapat mencari info yang lebih mendalam mengenai UI.

Namun beberapa menit kemudian setelah saya melihat – lihat website tersebut, saya mulai bertanya – Tanya mengenai isi / konten dari website ini. Berikut

merupakan daftar jenis – jenis jurnal yang disajikan :

1. Jurnal Makara

    a. Seri kesehatan

    b. Seri sains

    c. Seri sosial humaniora

    d. Seri teknologi

2. Jurnal

    a. Jurnal fakultas UI

    b. Jurnal himpunan profesi

    c. Jurnal wacana

    d. Jurnal psikologi sosial

    e. Jurnal of population

    f. Jurnal antropologi Indonesia

Berhubung gw merupakan mahasiswa FISIP UI, akhirnya gw memutuskan untuk mengklik link jurnal sosial humaniora. Akan tetapi tampilan yang dikeluarkan kosong alias tidak ada. Belum ada jurnal satu pun dari sosial humaniora yang terdapat dalam website ini.

Akan tetapi gw memaklumi hal ini, mungkin karena website ini baru di bentuk dan dikelola maka perlu waktu yang lebih jauh untuk mengupload penelitian – penelitian para dosen – dosen UI ini (lihat gambar di bawah ini). Mengingat UI telah membangun perpustakaan yang konon terbesar di Asia Tenggara, maka sebaiknya hal – hal seperti ini juga turut diperhatikan. Jangan sampai keindahan bangunan atau kemasan yang disajikan tidak sesuai dengan isi / konten yang terdapat pada bangunan atau kemasan itu.

Secara keseluruhan gw juga mengapresiasi kebijakan – kebijakan yang dijalankan oleh Pak Rektor kita untuk UI ini agar menjadi World Class University dan memang menjadi Universitas kebanggaan masyarakat Indonesia. Amin !

clip_image005 clip_image006

Tampilan link jurnal UI

Tampilan Jurnal Sosial Humaniora

Sumber : http://journal.ui.ac.id

Leave a Reply

