SPEKUN sebagai bentuk dari GO GREEN IN CAMPUS !

Oleh : Achmad Tarich Wibowo (Erick)

140420101658Universitas Indonesia (UI) sebagai World Class University kembali memberikan program GO GREEN IN CAMPUS yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat UI agar dapat lebih mencintai lingkungan sekitarnya. Beberapa program telah dirancang guna mencapai tujuan Universitas yang memegang predikat Go Green ini. Salah satunya yaitu program Sepeda Kuning atau Spekun yang biasanya akrab dipanggil oleh mahasiswa UI. Selain menyehatkan penggunanya, program ini juga bertujuan untuk mengurangi tingkat polusi kendaraan bermotor di lingkungan sekitar UI.

Program Spekun ini telah berjalan hampir satu tahun dengan rute perjalanan meliputi semua fakultas – fakultas yang terdapat dalam Universitas Indonesia maupun UKM dan asrama mahasiswa. Program yang diresmikan di Balairung UI ini mendapat sambutan yang baik dari mahasiswa UI sendiri serta para karyawan bekerja di UI. Tidak hanya mahasiswa, para pejabat tiap fakultas juga diberikan Spekun guna mendorong program GO GREEN IN CAMPUS. Fasilitas ini juga diberikan kepada para civitas UI secara gratis ! Dengan hanya menunjukkan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) UI maka para civitas UI dapat menggunakan Sekun yang saat ini jumlahnya lebih dari 200 sepeda.

Manfaat Spekun ini juga dirasakan pula oleh masyarakat sekitar yang biasa menggunakan rute sepeda untuk berolahraga di hari libur.

Salah satu petugas penjaga Spekun ini, Ricky, mengatakan bahwa minat mahasiswa terhadap sepeda cukup tinggi terhadap program Spekun ini. Mas Ricky mengatakan, “Saya sangat setuju pejabat UI melaksanakan program Sepeda Kuning ini, karena dengan begini UI gak penuh – penuh amat dari pengguna mobil dan motor..”. Manfaat Spekun ini juga dirasakan pula oleh ma syarakat sekitar yang biasa menggunakan rute sepeda untuk berolahraga di hari libur. Serta menjadi lahan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar karena petugas yang bertanggung jawab terhadap Spekun ini langsung dipegang oleh Rektorat UI, “Iya mas, kita semua tidak ada berhubungan dengan para petugas yang ada di fakultas, kita semua bertanggung jawab langsung sama pejabat yang ada di rektorat, kalau gak salah namanya Pak Agung..” lanjut Mas Ricky. (15/05/2010)

Sebagai salah satu program GO GREEN IN CAMPUS, UI juga bertanggung jawab penuh terhadap fasilitas – fasilitas yang terkait dengan Spekun ini. Selain terdapat halte – halte di tiap fakultas, UI juga menyediakan bengkel sepeda guna merawat sepeda – sepeda yang biasa dipakai setiap harinya oleh mahasiswa. Dengan jumlah 26 orang yang terdiri dari petugas Spekun dan teknisi sepeda, maka dijamin setiap halte – halte di fakultas mendapatkan pelayanan yang maksimal dari UI.

Sayangnya program Spekun ini masih terdapat keluhan yang harus dibenahi, salah satunya mengenai kesejahteraan petugas Spekun ini sendiri. Status mereka yang bertanggung jawab langsung oleh pihak rektorat UI sebaiknya diberikan beberapa tunjangan ataupun kegiatan agar pelayanan yang diberikan oleh para petugas tidak menurun. Lanjut Mas Ricky, “Iya mas, sayangnya sudah hampir setahun ini belum ada kegiatan bareng, karena waktu kita yang padat dari pagi hingga sore hari..Pernah ada rencana untuk jalan – jalan ke pantai, tapi belum jadi – jadi..”

Semoga dengan adanya program GO GREEN IN CAMPUS ini, dapat memberikan nilai – nilai positif baik bagi lingkungan maupun kesejahteraan masyarakat sekitar UI. Karena walau bagaimanapun juga, sebagai Universitas yang memegang predikat World Class University, harus mampu mengakomodir mahasiswanya agar berprestasi maksimal serta mensejahterakan warganya.

2 thoughts on “SPEKUN sebagai bentuk dari GO GREEN IN CAMPUS !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s