Ada Apa dengan Calon Peksos ?

confused Peran pekerja sosial semakin dirasakan oleh masyarakat salah satunya adanya program Community Development (Comdev) . Aktivitas ini seringkali digunakan oleh para pendamping masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup atau memandirikan masyarakat sasaran. Peran pendamping masyarakat begitu penting karena merekalah yang membantu tercapainya tujuan dari Comdev itu sendiri.

Mereka yang berperan aktif sebagai pendamping masyarakat disebut pekerja sosial (Peksos). Biasanya mereka juga berperan sebagai broker, yaitu penyambung lidah antara pejabat di masyarakat dengan masyarakat itu sendiri. Tentunya, pengalaman menjadi pendamping masyarakat sangat berperan penting terhadap aktivitas peksos dilapangan.

bagaimana seorang mahasiswa dapat bertransformasi menjadi seorang pekerja sosial yang profesional ? Apa peran calon peksos seperti mahasiswa sebelum turun ke dalam masyarakat ? Apakah cukup dengan belajar di kelas?

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana seorang mahasiswa dapat bertransformasi menjadi seorang pekerja sosial yang profesional ? Apa peran calon peksos seperti mahasiswa sebelum turun ke dalam masyarakat ? Apakah cukup dengan belajar di kelas? Pertanyaan ini timbul karena penulis merasa minimnya pengalaman d bidang kesejahteraan sosial.

Pertanyaan pertama mengenai transformasi seorang mahasiswa dengan ilmu yang generalis menjadi seorang ahli atau profesional di bidang kesejahteraan sosial telah mendapatkan jawaban, yaitu adanya kegiatan PRAKTIKUM. Kegiatan ini mencoba membantu mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang telah mereka dapatkan dibangku kuliah ke dalam kehidupan masyarakat.

Mungkin ada beberapa pihak yang merasakan manfaat dari kegiatan praktikum yang dilakukan oleh mahasiswa atau calon peksos dilapangan. Walaupun begitu, perlu adanya evaluasi baik oleh institusi akademis maupun institusi yang ada pada masyarakat. Kedua hal ini akan membantu mahasiswa didalam mendapatkan pengalaman dibidang kesejahteraan sosial.

peran tersebut dapat diatasi jika sejah dini para mahasiswa telah diberikan pemahaman yang mendalam mengenai bidang – bidang kesejahteraan sosial

Kemudian pertanyaan mengenai peran calon peksos sebelum terjun ke dalam masyarakat, menurut saya, peran tersebut dapat diatasi jika sejak dini para mahasiswa telah diberikan pemahaman yang mendalam mengenai bidang – bidang kesejahteraan sosial. Lebih tepatnya sebelum melakukan praktek di lapangan, sebaiknya mahasiswa melewati tahap wawancara yang mendalam. Tahap ini sama halnya yang dilakukan oleh organisasi – organisasi dalam melakukan job interview. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan mahasiswa yang benar – benar paham akan kemampuan mahasiswa tersebut sebelum terjun di masyarakat

Oleh karena itu saya mendukung sekali jika para calon peksos ini diikut sertakan di dalam kegiatan pembinaaan, workshop, ataupun pelatihan yang bersifat spesialis, tidak generalis. Karena setiap calon peksos pun pada akhirnya akan memilih konsentrasi bidang yang akan mereka geluti. Serta masukan yang berikutnya yaitu melakukan wawancara yang mendalam dahulu sebelum calon peksos turun kedalam masyarakat. Hal ini lah yang perlu di perdalam dan dipertajam karena saat calon peksos tersebut turun dalam masyarakat maka tidak terjadi confuse atau kebingungan akibat tidak tahu kegiatan apa yang akan dilakukan.

*Tulisan ini merupakan refleksi pikiran penulis. Penulis terbuka sekali jika ada kritik dan saran terkait dengan tulisan ini.

One thought on “Ada Apa dengan Calon Peksos ?

  1. Hhmm.,,, Saya rasa untuk menjadi benar-benar “profesional” dibutuhkan sering turun ke lapangan Mas,,, Oleh karena itu kita kudu sering ada tugas lapangan di setiap mata kuliah,, langsung diaplikasikan gitu maksudnya,, Dan itu yang terjadi di STKS Bandung😉

    Salam semangat selalu

    “Saya juga sering kok resah diri atas masa depan Peksos ini, apa saya bisa menjadi peksos yang profesional..??? ” Usaha terus pokoknya,,,,🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s