Novel memberiku pembelajaran

9 matahari Aku membaca sebuah novel tentang kebijaksanaan hidup. Novel tersebut berjudul “EDENSOR”, salah satu novel tetralogi dari karangan Andrea Hirata yang bercerita tentang perjalanan pemuda yang haus akan ilmu serta rasa ingin tahu yang luar biasa. Perjalanan yang dilalui dari Negeri Prancis hingga Rusia serta menuju ke benua Afrika hanya untuk memenuhi tujuannya..yaitu mencari ilmu dan cinta..

Aku belajar banyak dari novel tersebut, dari sebuah bacaan ringkas yang tidak lebih tebal dari bacaan buku wajib kuliahku namun penuh akan sarat makna kehidupan..aku mengenal pentingnya persahabatan dalam menjalani hidup. Arai, sahabat Andrea Hirata berkata bahwa bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu..aku bercermin kepada diriku sendiri, bahwa aku punya segudang mimpi dalam menjalani hidup ini..Yaa, banyak mimpi…mimpi yang membuatku tersenyum menjalani hidup ini..

Berbeda dengan novel yang berjudul “SEMBILAN MATAHARI”, aku menjadi terdiam sejenak setelah membaca novel tersebut..Novel ini menceritakan kehidupan seorang mahasiswi ekstensi yang memiliki cita-cita tinggi untuk mengangkat derajat kedua orangtuanya namun sayangnya mahasiswi ini berlatar belakang financial kurang begitu baik..aku jadi berpikir tidak semua orang mendapatkan kesempatan mengenyam pendidikan yang sama..Ada yang bersusah payah bekerja sambil kuliah, ada yang kuliah tanpa memikirkan kebutuhan perut, ada yang kuliah hanya untuk mengisi waktu luang..

Satu hal yang membuatku belajar dari Novel ini yaitu kehidupan seorang Mahasiswi ekstensi ataupun sejenisnya. Pada awalnya aku berfikiran negatif tentang status tersebut.karena aku pikir hanya mereka yang berduit yang dapat kuliah..ditambah lagi aku pernah melihat tingkah laku negatif disekitar lingkungan kampusku..

Well, setelah membaca novel ini..mata hatiku semakin terbuka lebar..aku tidak bisa menilai orang dari penampilan saja ataupun melakukan penilaian akibat labeling yang diberikan oleh lingkungan sekitar. Setiap orang mungkin mendapatkan ujian yang sama dalam hidupnya akan tetapi setiap orang akan berbeda dalam menerima ujian tersebut..setiap orang punya cara masing-masing menyikapi ujiannya..Aku bersyukur menjadi orang yang dapat belajar tanpa harus memikirkan bagaimana aku harus mencari nafkah untuk mengisi perut ini..semoga aku termasuk orang-orang yang bersyukur atas nikmat yang diberikan Ya Rab..Amin..

—end

One thought on “Novel memberiku pembelajaran

  1. Hmm…. Saya belum pernah membaca Karya Andrea Hirata sekalipun Mas,,,

    beneran, tapi filmnya sudah,,,

    dan memang sangat terasa kuat sekali mimpinya,,,
    (mulai mengidentifikasi bahwa diri ini adalah seorang pemimpi besar)🙂

    9 Matahari sudah saya baca pada Januari awal tahun 2010 kemarin, cukup memberikan semangat untuk menjalani awal tahun,,,
    (mengidentifikasikan diri sebagai mahasiswa susah yang musti kudu lebih keras lagi perjuangannya),,,

    Dan memang demikian,,, kita musti lebih lagi dalam bersyukur kepada Allah Subhanahu Wata’ala,,, Allah masih sayang kepada kita,,,,

    Salam semangat selalu
    MJS, STKS Bandung

Leave a Reply

