Indonesia Mengajar ! by Anis Baswedan

anies-baswedan Anis Baswedan, siapa yang tidak kenal dirinya? Terutama di kalangan akademisi namanya kian lama kian ternama. Sosok yang cukup dikagumi tidak hanya oleh mahasiswa Univ. Paramadina namun juga oleh mahasiswa-mahasiswa dari berbagai Univ., termasuk saya sendiri.

Idenya cermelang, gaya pembicaraannya persuasif, serta raut muka yang sederhana seolah mencerminkan anak bangsa ini patut diperhitungkan di kancah politik Indonesia saat ini. Salah satu yang membuat saya semakin terkagum dengan pria yang masih terbilang muda ini yaitu didirikannya sebuah organisasi yang menggerakkan pemuda Indonesia.

“Seribu orang tua hanya bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia.” –Ir. Soekarno – Presiden Republik Indonesia 18 Maret 1948

Aku terdiam saat mendengar penggalan pidato beliau saat beliau berkunjung ke Univ. Indonesia, Depok pada tanggal 15 Juli 2010.

“Jangan pernah mengkritik pemerintah jika dirimu belum pernah mengabdi kepada bangsamu sendiri…” – Anis Baswedan

Indonesia Mengajar ! *dikutip dari website : www.indonesiamengajar.org

Program yang digagas Anies Baswedan, akan mengirimkan 50 sarjana berkualitas sebagai Pengajar Muda (sebutan untuk rekrutmen yang dikirim ke daerah) ke 5 kabupaten di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku. Para Pengajar Muda ini akan menjadi pengajar SD di daerah-daerah pelosok yang kekurangan guru. Hal itu dipaparkan Anies di hadapan 500-an peserta dalam seminar e-Career yang diselenggarakan Universitas Airlangga (Unair) di auditorium Fajar Notonegoro, kampus Unair hari ini.

Program Indonesia Mengajar menggerakkan kaum muda untuk ikut berpartisipasi memenuhi salah satu janji kemerdekaan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam sebuah studi, diketahui bahwa selama ini banyak daerah kekurangan tenaga pengajar, sementara di kota malah terjadi kelebihan tenaga pengajar.
Anies menjelaskan bahwa para sarjana yang masih muda dan bersemangat itu akan dikirim ke berbagai daerah di Indonesia, tidak hanya sekedar menjadi pendidik di dalam kelas saja. Mereka harus menjadi pendidik yang mampu menginspirasi anak-anak di daerah untuk tidak berhenti bermimpi melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang paling tinggi sekalipun.
Dalam diskusi tersebut, Anies menjelaskan bahwa fungsi pendidikan tidak hanya untuk mencerdaskan anak-anak bangsa. Pendidikan juga menjadi eskalator kelas ekonomi seseorang dalam masyarakat. Dengan ilmu dan keterampilannya, ia akan menjadi mandiri juga memiliki penghasilan. “Maka, pendidikan memiliki peran besar dalam mewujudkan janji kemerdekaan menjadi nyata. Pendidikan juga menentukan kualitas seseorang karena dengan pendidikan, ilmu dan keterampilan dapat diperoleh,” jelas Anies.
Indonesia Mengajar juga ingin menunjukkan bahwa menjadi Pengajar Muda di daerah tidak hanya berupa pengabdian semata tetapi juga menarik dan menjanjikan bagi masa depan mereka. “Menjadi Pengajar Muda sebagai pengalaman awal mereka sebelum meniti karir gemilang di tempat lain. Karena program ini adalah the real leadership exercise bagi mereka,” tukas Anies lagi.

Organisasi yang didirikan oleh Anis Baswedan mendapatkan dukungan dari Indika, Tripatra, Petrosea. Mari kita ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada ketiga sponsor utama organisasi ini. Semoga cita-cita dan usaha yang telah Bung Karno, Bung Hatta, dan dilanjutkan pula oleh Bung Anis Baswedan dapat terwujud! Amin..

12 thoughts on “Indonesia Mengajar ! by Anis Baswedan

  1. Pingback: SDM Terbatas, Panti Sosial Minim Kualitas « Acak Adul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s