Catatanku : Ical, laskar pelangi

LASKAR PELANGI..siapa yang tidak tahu cerita tersebut? Kumpulan anak-anak yang mempunyai mimpi luar biasa. Mereka tidak patah arang dengan segala keterbatasan yang mereka miliki. Mereka sadar, bahwa pendidikan PENTING bagi mereka. Ical, salah satu anak-anak dari Laskar Pelangi bermimpi untuk dapat ke Perancis menemukan pujangga hatinya.

Kemudian, masih ingatkah kalian cerita tentang perusahaan timah yang terkenal pada saat itu? Banyak pekerja lokal menjadi tenaga di perusahaan tersebut (sayangnya, sebagian besar menjadi buruh kasarnya). Perusahaan tersebut terletak di Belitong, tempat awal dari cerita Laskar Pelangi.

Sejenak, Aku merasa saat ini aku berada di pulau Laskar Pelangi, Pulau Bintan. Dimana semua fasilitas diberikan oleh perusahaan tempat aku bekerja. Ada bus karyawan, ada tempat makan, seperti penjara berfasilitaskan istana (Artalita).

Bedanya posisiku seperti bapaknya Ical (Laskar Pelangi). Aku melihat para pekerja yang melakukan rutinitas setiap paginya. Dan terus seperti itu setiap harinya. Bagaimana kelanjutannya??

Setelah beberapa tahun setelah kisah Laskar Pelangi, pemerintah saat ini memiliki UU yang mensyaratkan seluruh perusahaan terutama ekstraktif untuk dapat menjalankan tanggung jawab sosial kepada masyarakat.

Akan aku buat kisah Laskar Pelangi di P. Bintan (Insya Allah). Aku sebagai Community Development Officer, aku sebagai seorang pekerja perusahaan resort, aku sebagai pemuda yang merantau yang berusaha, yang punya mimpi.

Senyum mereka, tawa mereka, membuatkan jiwa petualanganku mendidih kembali. Tentunya, senyum merekalah yang membuatku semangat bekerja.

1 Des 2010

One thought on “Catatanku : Ical, laskar pelangi

  1. Bermimpilah hai anak muda…Semoga energi2 positif akan mendorongmu..
    sehingga engkaupun tiada dapat menahan.. akan meluncur ..maju..lurus..benar…dan mewarnai sekelilingmu….

Leave a Reply

