Catatanku : Masjid, Pura, dan “Kelenteng”

Masjid Al-Muhajirin, Lagoi, BintanPura, Lagoi, BintanKelenteng, Lagoi, Bintan

Ada hal yang menarik sesaat Aku berkeliling disekitar daratan P.Bintan. Suasana yang masih seperti dikampungku masih menghiasi pemukiman di sini. Tentu saja ada satu hal yang ingin Aku eksplor kemanapun Aku pergi, yaitu tempat ibadah.

Tempat ibadah merupakan keunikan tersendiri bagi diriku. Aku melihat tempat Ibadah sebagai sebuah peninggalan kebudayaan didaerah setempat. Melalui tempat ibadah itu pula Aku melihat keindahan yang tiada duanya. Kebetulan selama 10 hari Aku tinggal di P.Bintan, Aku telah melihat beberapa bangunan tempat ibadah. Salah satunya pada gambar yang paling atas, yaitu bangunan masjid.

Masjid tersebut benama masjid Al-Muhajirin yang bertempat di Lagoi, disekitar tempat Aku tinggal disini. Bangunan ini cukup unik karena tidak ditutup dengan dinding tetapi dilindungi oleh semacam terpal. Bentuk bangunan ini juga membuat Aku penasaran apakah ini ciri khas bangunan masjid di Lagoi. Menurut penduduk sekitar, bangunan masjid ini didirikan atas kerjasama antara pemerintah Bintan dan PT BRC. Uniknya, imam masjid Al-Muhajirin ini didatangkan langsung dari luar Lagoi. Beliau diberikan tempat tinggal disekitar masjid dan menjadi penggerak kaum muslimin yang tinggal di sekitar Lagoi.

Berikutnya gambar kanan bawah yaitu sebuah tempat ibadah Agama Hindu. Disebut Pura. Pura dibangun masih didalam kawasan Lagoi dikarenakan disekitar Lagoi cukup banyak orang yang berasal dari India yang menganut Agama Hindu. Bangunannya cukup unik saat Aku lihat, karena didalamnya terdapat alat-alat musik.

Selanjutnya tempat ibadah umat Buddha, atau yang sering kita kenal dengan sebutan Vihara (Gambar bagian kiri bawah). Namun penduduk lokal disini menyebutnya dengan sebutan “Kelenteng”. Aku pun belum sempat menanyakan mengapa disebut “Kelenteng” oleh masyarakat disini. Namun etnis China yang juga cukup banyak membuktikan bahwa mereka telah lama tinggal disini.

Begitulah sebuah catatan kecilku untuk saat ini. Masih banyak lagi dan masih banyak yang harus Aku cari untuk memuaskan batinku🙂

Salam,

09 Des 2010

IMG00527-20101204-1233

Leave a Reply

