Room to Read for Children #1

Read-Beetween-The-lines ROOM TO READ jika diartikan kedalam Bahasa Indonesia berarti “Ruang untuk Membaca”. Sebuah ide kecil yang terfikir olehku yaitu memberi kesempatan lebih kepada anak-anak zaman sekarang untuk dapat membaca secara layak dan nyaman.

Buku adalah jendela dunia

Mungkin saat kita kecil dahulu kita pernah diberitahukan kepada orangtua kita bahwa buku adalah jendela dunia. Dengan buku kita dapat membaca ide-ide sang penulis serasa kita sedang beratatap muka (face to face) dengan sang penulis. Wajarlah jika pada China dahulu sangat terkenal dengan para cerita bijaksananya, sastra yang penuh energi dan semangat. Setelah Aku telaah lebih dalam, salah satu faktor banyaknya filsuf dan cerita-cerita kuno pada zaman itu di China, dikarenakan adanya semangat untuk membaca (menimba ilmu). Hebatnya lagi, semangat itu dimiliki oleh anak-anak !

JOHN WOOD, salah satu pencetus organisasi Room to Read merupakan salah satu dari sekian banyak orang yang menyadari pentingnya pendidikan bagi anak-anak. Dengan menyediakan ruang untuk belajar sambil bermain kepada anak-anak, sama saja dengan memberikan harta yang tidak ternilai sebagai pondasi dasar anak-anak untuk berkembang menjadi individu yang luar biasa. John Wood sendiri tidak jalan setengah-setengah saat beliau memulai project ini. Dia rela keluar dari perusahaan IT terbesar di dunia, yaitu Microsoft. Perjalanan spiritualnya pun cukup panjang hingga ia dapat bekerja di bidang sosial seperti ini.

Aku pun sempat berfikir untuk memanfaatkan tempat kerjaku (Bintan), sebagai langkah awal untuk memulai langkah seperti yang dilakukan oleh John Wood. Alangkah baiknya jika gerakan sadar untuk membaca ini didukung pula oleh masyarakat sekitar (pemerintah, orangtua, dan tentunya anak itu sendiri).

However many holy words you read, however many you speak, what good will they do you if you do not act on upon them? – Buddha

Ya, seberapa banyak buku yang kita baca jika kita tidak mengaplikasikannya sama halnya dengan pohon yang rindang tapi tidak berbuah. Sungguh niat baik akan berbuah kebaikan. Semoga semangat untuk menambah ilmu, berbagi ilmu semakin tinggi. Kelak Bangsa ini akan lebih baik dari sebelumnya, Amin.

to be continued.

One thought on “Room to Read for Children #1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s