Desa Nelayan di Pulau Bintan

Desa Nelayan, Berakit

Kepulauan Riau (Kepri) terkenal dengan kelong (rumah diatas air) yang biasa digunakan nelayan untuk memancing. Bahkan ada yang bilang bahwa Kepulauan Riau memiliki ribuan kelong yang digunakan para nelayan.

Kayanya hasil laut di Kepulauan Riau membuat provinsi yang ke-32  ini, sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Umumnya mereka nelayan tradisional yang berasal dari Buton atau Makassar. Teknologi kelautan belum begitu terasa saat kita mengunjungi provinsi ini khususnya di P.Bintan, salah satu Kabupaten dari provinsi Kepri. Foto diatas menunjukkan tempat tinggal nelayan yang tinggal di Desa Berakit. Pada desa tersebut, kebutuhan primer seperti listrik belum tersalurkan ke desa tersebut. Sehingga pada malam hari (pukul 18.00) keadaan sudah gelap gulita.

Ironis kondisinya, para nelayan tidak memiliki kemampuan untuk menyimpan lebih lama hasil tangkapan mereka (ikan, sotong, gongong). Oleh karena itu, banyak dari mereka memiliki ‘toke’ atau yang kita kenal sebagai rentenir yang memberikan pinjaman dalam bentuk duit ataupun jaring tangkap termasuk menjual tangkapan ke mereka. Selain itu, kondisi para nelayan diperparah dengan hasil tangkapan yang tidak selalu baik tiap tahunnya. Faktor iklim dan faktor manusia itu sendiri yang mengakibatkan hasil tangkapan kian hari kian sedikit. Tidak luput terkadang nelayan dari luar Indonesia pun memasuki daerah Indonesia dan mencuri ikan dengan menggunakan alat peledak atau pukat harimau.

Sungguh keindahan alam yang dimiliki desa ini tidak mampu meningkatkan kondisi kehidupan para nelayan khususnya di P.Bintan ini. Harapan mereka kedepannya agar kebutuhan primer seperti listrik dapat segera masuk ke desa tersebut sehingga mereka dapat lebih mandiri dan mengatur penghasilan mereka.

One thought on “Desa Nelayan di Pulau Bintan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s