Rumah Apung di Pulau Bintan

image

Bismillah,

Ada yang pernah lihat rumah apung ?? Ya, gambar diataslah yang kalian lihat. Rumah apung ini biasa disebut dengan “kelong” oleh masyarakat Bintan, Kepri. Sebenarnya rumah apung ini sudah umum dikenal di Indonesia ini. Kenapa ? Karena sebagian besar Indonesia dikelilingi oleh lautan yang luas serta potensi ikan yang luar biasa banyaknya. Namun banyak sebutan-sebutan yang berbeda, hohohoho.

Kelong sendiri terdapat beberapa jenisnya, yaitu ada yang digunakan untuk memancing para nelayan dan ada juga kelong yang saat ini dikemas menjadi sebuah restoran di atas laut. Untuk Kelong yang digunakan para nelayan, sudah cukup terkenal di Kep. Riau, karena sebagian besar masyarakat di sini masih menggunakan kelong untuk mencari berbagai jenis ikan. Bahkan Kepri terkenal dengan sebutan pulau seribu kelong, karena sangking banyaknya kelong yang hinggap di pantai-pantai nelayan disini. Bentuk kepulauan inilah yang membuat daerah disini terkenal oleh kelong-kelongnya.

Namun, tidak semua nelayan dapat memiliki kelong ini…

Namun, tidak semua nelayan dapat memiliki kelong ini dikarenakan biaya untuk membuat kelong ini tergolong tidak murah. Kelong ini dapat seharga satu buah mobil sedan lama, yaitu sekitar 60 juta rupiah. Harga yang fantastis bukan ? Namun jangan salah, berapa penghasilan yang bisa didapatkan jika nelayan menggunakan kelong untuk mendapatkan ikan?? Menurut informasi yang saya dapatkan, mereka dapat menghasilkan hingga 5-10 juta rupiah per sekali melaut.

Kemudian saat aku mendengar rumah apung, timbul satu pertanyaan dibenakku, apakah rumah apung ini benar-benar seperti rumah ?? “Iya..”,  jawaban nelayan yang aku temui. Didalam kelong ini terdapat dapur kecil sederhana yang biasa digunakan nelayan untuk memasak di dalam kelong, khususnya jika mereka tengah melaut maka mereka akan memasak di tengah laut.. Soo romantic isn’t it ?? Bisa makan makanan laut sambil melihat bintang-bintang di langit…🙂 Tidak hanya dapur sederhana, terkadang ada beberapa nelayan yang membawa TV, radio, DVD player, dan barang elektronik sejenisnya yang digunakan untuk menghibur mereka di tengah laut. Woww!!

Mau melihat isi Kelong tersebut ? Okay, tunggu tulisanku selanjutnya ya..🙂

IMG01003-20110210-0729

“Maka nikmat mana lagi yang kan kau dustakan ?”

– Ar-Rahman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s