English Club to The Villages Part.1

image “Good Afternoon Ka !!” Suara lantang tersebut terdengar hingga keluar kelas. Hari ini tidak seperti biasanya, anak-anak semua berkumpul di ruangan kelas yang tidak begitu besar bahkan ada yang berdiri karena tidak dapat duduk. Begitulah gambaran yang terlihat di siang hari yang cerah ini.

Hellooo!!”, teriakku kepada mereka dan mereka langsung menjawa, “Haiii…!!” dengan suara yang tidak kalah kerasnya. Suara itulah yang terdengar pada saat English Club di beberapa desa yang berada di Pulau Bintan. Program English Club ini bertujuan untuk membangun kepercayaan diri anak-anak hingga orang dewasa agar dapat speaking English. Sebagian besar peserta English Club ini ialah anak-anak SD, namun tidak sedikit pula mereka yang berstatus SMP dan SMA. Tidak hanya itu, beberapa orang dewasa juga berminat untuk mempelajari bahasa inggris.

Wajar sekali antusiasme warga untuk mengikuti program ini cukup besar. Pada beberapa desa yang saya kunjungi, desa Ekang Anculai merupakan salah satu desa yang memiliki peserta English Club terbanyak, yaitu mencapai 150 orang lebih, itupun belum termasuk orang dewasa. Pada desa-desa lain, ada yang mencapai 20, 50 hingga 80 orang.

Mereka butuh sosok seorang guru yang tidak hanya mengajar pelajaran namun juga yang memberikan mimpi, impian, semangat, kepada mereka semua

Kenapa mereka bisa antusias seperti ini ?? Timbul pertanyaan di benakku. Seketika Aku menjawab, “Yaa, mereka memiliki semangat yang tinggi dan luar biasa.. Namun karena keterbatasan akses informasi serta kurangnya SDM yang berkualitas membuat mereka berjalan di lingkarannya sendiri (tidak dapat bersaing di dunia luar). Mereka butuh sosok seorang guru yang tidak hanya mengajar pelajaran namun juga yang memberikan mimpi, impian, semangat, kepada mereka semua.”

Saat ini Aku masih mengajar ke beberapa desa, ke beberapa anak. Namun yang kurasakan, Aku butuh banyak guru-guru yang memiliki kemampuan dan semangat untuk ditularkan kepada anak-anak calon penerus bangsa ini. Seperti salah satu organisasi yang dicetuskan oleh Bapak Anies Baswedan, “Indonesia Mengajar”.

image

Sebuah organisasi yang mempunyai visi dan misi luar biasa dengan mengirimkan putra-putri terbaik bangsa untuk mendedikasikan ilmu yang mereka miliki ke beberapa daerah pelosok di Negara ini. Sungguh luar biasa Pak, Aku sadar bahwa “guru” merupakan profesi yang sangat mulia, “guru” merupakan pejuang tanpa tanda jasa. Terima kasih…

-Er

One thought on “English Club to The Villages Part.1

  1. Pingback: English Club to the Villages Part. 4 « Erick Azof

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s