Ada KKN di Bintan !

image

Ada KKN di Bintan! weits! KKN apa dulu nih?? Maksudnya yaitu Kuliah Kerja Nyata atau biasa yang disingkat dengan sebutan KKN / Kukerta. Umumnya kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa/i akhir semester yang akan memberikan kontribusi kepada masyarakat. Kegiatan KKN ini biasanya dilaksanakan didaerah-daerah yang umumnya jauh dari pusat keramaian kota. Untuk KKN yang satu ini, Aku akan mencoba menceritakan salah satu kegiatan KKN dari Universitas Umrah (Maritim Raja Ali Haji) di Bintan.

Kepala desa Sebong Pereh, Pak La’anif menyambut baik kedatangan para mahasiswa/i tersebut..

Tepatnya di desa Sebong Pereh, salah satu desa yang terkenal dengan keindahan pantainya (Pantai Sakera). Kepala desa Sebong Pereh, Pak La’anif menyambut baik kedatangan para mahasiswa/i tersebut. Beliau memberikan kesempatan kepada mahasiswa Umrah untuk dapat berkontribusi kepada masyarakat. Salah satunya yaitu ikut serta dalam program Bhakti Sosial yang dilaksanakan bulan Juli 2011 oleh PT. Bintan Resort Cakrawala (tempat saya bekerja sekarang).

Kegiatan ini cukup sederhana, yaitu memberikan kemudahan bagi warga sekitar untuk dapat melaksanakan pemeriksaan kesehatan dengan menyelenggarakannya di balai desa Sebong Pereh. Kegiatan Bhakti Sosial ini juga dibantu oleh mahasiswa IAB (International Academy of Bintan) yang secara sukarela ingin berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan KKN tidak hanya berhenti sampai disitu, sejauh yang Aku tahu mereka melaksanakan kegiatan gotong royong, social mapping, serta senam untuk masyarakat desa. Begitu pula dengan mahasiswa yang sedang menjalani KKN di desa lainnya. Kegiatan yang mereka lakukan yaitu mengadakan perlombaan cerdas cermat, perlombaan olahraga, hingga mengajar ke anak-anak SD.

“Seluruh mahasiswa/i harus dapat berkontribusi kepada masyarakat..”,

Untuk total jumlah mahasiswa yang sedang melaksanakaan KKN, berdasarkan informasi yang saya dapatkan dapat mencapai 500 orang. Mereka semua tersebar ke beberapa daerah khususnya di Pulau Bintan. Tidak hanya Umrah, namun juga Univ. Riau, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan, turut pula melaksanakan KKN di Pulau ini. “Seluruh mahasiswa/i harus dapat berkontribusi kepada masyarakat..”, jawab salah satu mahasiswa saat ditanya tujuan dari KKN ini.

Namun sayangnya, KKN ini hanya berlangsung kurang lebih satu bulan. Aku rasa itu waktu yang sangat singkat sekali, mengingat program-program yang dicanangkan oleh mahasiswa/i itu banyak. Tentunya perlu ada peninjauan kembali jika KKN ini ingin diselenggarakan kembali kedepannya.

image

-Ibu Dokter berkonsultasi dengan pasien

image

 

 

 

 

-Mahasiswa IAB sedang memperkenalkan diri

 

image

-Wah, kalau ini saya tidak tahu :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s