Talk About “Love” Part.1

image

“Erick, antum mau ya isi untuk jadi pembicara talk show minggu besok?”, tanya rekan kerjaku.

Wah, pembicara apa dulu Mas ?”, rasa tanyaku dengan penasaran.

Pembicara tentang Manajemen Cintaa..”, jawabnya.

Begitulah awal mulanya kenapa pada tanggal 13 Agustus 2011 kemarin, Aku diberikan kesempatan untuk menjadi pembicara dalam sebuah talkshow ringan ala ngabuburit dengan remaja Bintan. Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh IPMB (Ikatan Pemuda Masjid Bintan) serta pengurus masjid At-Taqwa.

Aku bukanlah seorang yang ahli mengenai masalah percintaan, namun Aku akui aku cukup tertarik jika terdapat pembahasan mengenai “Cinta”. Karena menurutku “Cinta” itu memiliki arti yang luar biasa banyaknya sehingga sulit untuk dirangkum dalam sebuah kalimat sederhana. Namun, dengan segala niat untuk beribadah karena Lillah ta’ala, Aku pun berusaha mendalami “Manajemen Cinta Bagi Remaja” jika dilihat dari sudut pandang Islam.

Subhanallah, Aku belajar banyak dari talkshow singkat ini. Berikut Aku akan mencoba sharing ilmu🙂

 

Cinta merupakan anugerah indah yang diberikan Allah SWT kepada mahkluknya, cinta dapat kita bagi menjadi 2, yaitu :

  1. Cinta kepada Sang Pencipta (Allah SWT)
  2. Cinta kepada mahkluk-Nya (mahkluk hidup termasuk manusia)

Bagaimana kita menyatakan Cinta kepada Allah SWT ? Mudah! Allah SWT berfirman :

Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Ali Imran : 31)

Saat kamu menyatakan Cinta kepada-Nya, maka jalankan segala perintah dan jauhi larangan-Nya.🙂

Selanjutnya, bagaimana rasa cinta kepada sesama mahkluk ciptaan-Nya ? Apakah kita boleh mencintainya ? TENTU IYA! Karena kita patut memuji ciptaan Allah SWT. Air, Laut, hewan, tumbuhan, termasuk manusia itu sendiri merupakan ciptaan yang Illahi, oleh karena itu kita patut memuji ciptaan-Nya. Tapi sampai sejauh mana ?? Apakah boleh melebihi mencintai ciptaan-Nya dibandingkan dengan Penciptanya ?

Ternyata Allah sudah menjawab kebingungan kita loh! Dalam  , Allah SWT berfirman :

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak [l86] dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). (Ali Imran : 14)

Jika kalian ingin cinta kepada ciptaan-Nya melebihi Penciptanya itu sendiri, maka itulah keindahan belaka, dan jelas bahwa di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik.

Namun apakah kita boleh membagi cinta dengan sesama manusia ? IYA! Jawabku cepat. Selama cinta itu mendekati kita ke Illahi, mengingatkan kita ke Illahi, itu baik. Cinta anak kepada orang tua nya merupakan cinta yang mendekati kita ke Illahi.

Allah telah menetapkan agar kalian tidak beribadah melainkan kepada-Nya; dan hendaklah kalian berbakti kepada kedua orang tua.” (Al-Israa : 23)

Sungguh indah perasaan cinta itu, hingga ada orang yang ingin mencari “Cinta Sejati”. Apakah cinta sejati itu ? Akan Aku sharing ditulisanku berikutnya🙂

Salam,

image

“Beruntunglah yang sudah pernah jatuh cinta, karena jatuh cinta satu-satunya jatuh yang menyenangkan hati ;)”

10 thoughts on “Talk About “Love” Part.1

  1. cinta terhadap manusia itu ibarat langkah kaki di pinggir pantai, mudah terhapus saat airnya pasang.. Cinta sejati adalah cinta kepada Allah, tentang lautan dan alam yang Maha Luas..

    • Bahkan jika lautan di bumi ini menjadi tintanya tidak akan habis untuk menggambarkan rasa cintanya…

      terima kasihhh sudah berbagi mengenai cinta sejati..🙂

  2. Hi Rick,,,

    As my promised to you, I’d like to leave a comment about great love story.
    (walaupun telat.hehe)

    Maybe you have ever heard extra ordinary love story like Romeo n Juliet, Shah Jahan n Mumtaz Mahal.etc.

    But now, I’d like to share a love story from ordinary people.
    My grandma n granpa.

    Papa gw pernah cerita bahwa pernikahan kakek n nenek gw adalah hasil dari matched married (alias perjodohan).

    The story begin, ketika kakek gw melamar nenek gw. And that’s the first time they met.

    Sebelum menikah, kakek gw kirim surat untuk nenek gw. Isinya, knp kamu mau nikah sama saya padahal kita belum pernah ketemu.
    Dan nenek gw menjawab, saya cinta kamu karena Allah yang telah menakdirkan kita untuk berjodoh.

    That’s truly amazing answer, how come 2 people that never have been met, can be so sure that this guy was destined to her.

    Menurut gw, itu cinta yang tulus lillahi ta’alla.
    Cinta yang ikhlas, yang terpancar dari hati sehingga sinarnya mampu menerangi setiap langkah di kehidupan mereka.

    And I have a good quotation “there’s always extra ordinary love story behind the ordinary people”.

    Oke, segitu dulu ya rick, thanks for sharing😉

    • There’s always extra ordinary love story behind the ordinary people…Yes, I hope it happen for us too😉 Aminn..

      Sharing2 lagi donk nis..heheehe, *ketagihan.com*

Leave a Reply

