English Club to The Villages Part.2

Good afternoon Misteeeerrrr…!”, sorak suara anak-anak peserta English Club di Desa Ekang Anculai. Masih ingat tulisanku mengenai hebohnya anak-anak English Club ini ? Simak tulisanku di English Club to The Villages Part.1 .

Sudah sebulan English Club ini berjalan di Bulan Suci Ramadhan, tapi semangat mereka, semangat anak-anak ini tidak pudar bahkan lebih tinggi! Beberapa anak ada yang tidak ikut English Club ini, saat Aku mencari tahu alasannya, sebagian besar dari mereka tidak memiliki alat transportasi yang dapat mencapai ke tempat belajar ini😥. Sungguh sedih jika mendengar bahwa masih ada keterbatasan akses dalam mendapatkan pendidikan di tempat ini. Bahkan sebagian orang tua juga belum mendukung secara penuh anak-anaknya untuk mendapatkan ilmu, lebih baik bekerja untuk menambah penghasilan mereka.

Rasullullah SAW bersabda : “Harta itu bila engkau tasarrufkan (berikan) menjadi berkurang, sebaliknya ilmu jika engkau tasarrufkan malahan bertambah”..

Ada pengalaman mengharuskan lainnya saat Aku mengajar mereka, yaitu saat Aku tanya kepada mereka, “Kalian liburan dirumah ngapain ?”. Jawab mereka, “Ga ngapa2in ka..kita cuma main aja..Ka coba belajar bahasa inggrisnya bisa setiap hari..karena kita ga ada kegiatan sorenya..”. Bayangkan bagaimana anak-anak tersebut dalam 5-10 tahun kedepan, disaat golden age , saat dimana otak mereka memiliki kemampuan merekam yang baik , saat dimana mereka seharusnya mengisi masa kecilnya dengan belajar ilmu yang bermanfaat ternyata tidak dapat terwujudkan karena keterbatasan akses informasi pendidikan.

Menuntut ilmu merupakan kewajiban atas setiap muslim..

Sesungguhnya ilmu adalah kehidupan dan cahaya. Dalam Al Qur’an, Allah SWT berfirman: “Apakah dapat disamakan orang yang mengetahui dengan orang yang tidak mengetahui.” (QS. Az Zumar (39) : 9). Begitu pentingnya ilmu dalam Islam, sungguh jika iman tanpa ilmu akan sesat (dusta), sedangkan ilmu tanpa iman akan mencelakakan sesama. Rasulullah sholallohu ‘alaihi wassallam bersabda:
طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ
Menuntut ilmu merupakan kewajiban atas setiap muslim. [HR. Ibnu Majah no:224, dan lainnya dari Anas bin Malik. Dishahihkan oleh Syeikh Al-Albani]

Begitu besar peran ilmu, salah satunya Bahasa Inggris yang saat ini sedang digalakkan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa mereka. Faktor penting kenapa mereka harus terbiasa dengan Bahasa Inggris yaitu mereka tinggal di desa di kawasan resort internasional, Bintan-Resorts.

Kelak mereka harus siap memiliki SDM yang berkualitas untuk menghadapi dampak dari cepatnya perkembangan dunia ini. Sampai sejauh ini Alhamdulillah ada beberapa tenaga relawan yang ikut membantu mengamalkan ilmunya untuk mengajarkan Bahasa Inggris ke anak-anak desa di Ekang Anculai. Dan semoga anak-anak daerah lainnya mampu mengamalkan ilmu yang mereka miliki ke desa mereka. Sungguh jika harta dibagikan akan habis, namun jika ilmu diberikan InshaAllah tidak akan habis bahkan yang memberi ilmu dinaikkan derajatnya oleh Allah SWT. Amin

image

Situasi belajar kepada anak-anak kelas 1-3 SD di Desa Ekang Anculai

image

Aku (kanan) bersama kordinator karang taruna Desa Ekang Anculai (Mas Nano, kiri).

13 thoughts on “English Club to The Villages Part.2

  1. Pingback: Kemungkinan Meningkatkan Ekowisata Di Daerah | KEPARIWISATAAN BLOG

  2. Baca tulisan lo ini ngingetin gw jaman kuliah dulu, mengajar bhs inggris buat anak2 panti asuhan Muahmmadiah di Bandung. Bhs inggris gw ga bagus2 amat padahal, tp liat gw dan temen gw dateng buat ngajarin mereka bhs inggris dasar aja mereka udah seneng bgt. Berbagi itu memang indah dan bisa mengisi kekosongan jiwa. Disaat galau gw dtg ke mereka, semakin berbagi semakin bahagia. Manusia itu dinilai dari sejauh mana dia bermanfaat bagi orang lain. And you did a great job.

    Mari terus berbagi🙂

    • Hohohoh…ya va..pdhal inggri gw jg berantakan…but, they are very enthusiastic! bahkan saat mobil baru dtang mereka berlarian seperti sedang menggapai mimpi2 mereka..🙂 i love children, i love dream

      hehe..dirimu jg pernah mengajar itu sdh nilai + koq..lagipula dimanapun kita berada, kita bisa memberikan manfaat kesekitar kita..betul betul betul ??😀 btw, thks for commentnya…

  3. Pingback: English Club to The Villages Part.1 « Erick Azof

    • give the best for the last…😀 but, actually it will be continue Aull…just wait and see…I hope I can make another site, especially for English Club in the Village🙂 Amin!

  4. Pingback: Guru Kecilku « Erick Azof

  5. Pingback: Bupati Minahasa – SVR Lantik Hukum Tua | MINBAR BLOG

  6. Pingback: Rancangan Reality Baru di Tv Amerika « Abgrara’s Weblog

  7. Pingback: English Club to Bintan Villages « Erick Azof

  8. Pingback: English Club to The Villages Part. 5 « Erick Azof

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s