English Club to The Villages Part.3

“Ohhhhh tidak, Aku terlambat untuk pergi !”, Bisik hatiku. Perlu waktu sekitar 1 jam untuk mencapai sebuah desa indah nun jauh disana, Desa Pengudang, Bintan.

Hari ini merupakan hari kegiatan belajar Bahasa Inggris atau English Club kembali dimulai. Namun ada kelalaian yang Aku lakukan, mungkin karena padatnya kegiatan dikantor hari ini Aku lupa untuk mempersiapkan diri berangkat ke Desa Pengudang. Alhasil, Aku pun berencana untuk menelepon kordinator English Club di Desa Pengudang, Ibu Nur.

Disaat Aku ingin menelepon Ibu Nur, tiba-tiba ada dering telepon yang berbunyi di hapeku dengan nomor yang tidak Aku kenal. Saat Aku angkat, ternyata salah satu murid dari English Club !

“Ka, ini Busro..hari ini kita ada les bahasa inggris ga ka?, Tanyanya dengan suara lantang. “Mmmmm, sepertinya tidak ada dek..karena kk hari ini lagi ada kerjaan di kantor…Kasih tahu teman-teman yang lain yaaa!”, jawabku dengan tergesa-gesa.

Tidak lama kemudian, Aku terdiam sejenak. Seketika Aku memikirkan satu wajah ceria, seorang anak kecil yang menebar mimpi disaat dia tersenyum. Aku melihat wajah tersebut senyum kearahku. “Apakah Aku akan lepas dari amanah ?”, hatiku menjawab.

“… dan janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.” (Al Anfaal ayat 27)

Meskipun saat itu Aku tahu telah membuat sebuah kesalahan dengan mengatakan “Tidak ada les Bahasa Inggris”. Pada saat itu pula, Aku memutuskan untuk menghubungi kembali anak tersebut, dengan cara menelepon balik. Akan tetapi, mungkin karena sinyal yang buruk atau tempat mereka (Desa Pengudang) yang kurang bersahabat dengan sinyal operator maka Aku pun cukup kesulitan.

Maaf telepon yang Anda tuju sedang diluar servis area, silahkan hubungi beberapa saat lagi….bla bla bla..

Nada dering tersebut selalu terdengar saat Aku mencoba telepon kembali. Akupun berusaha untuk memberitahukan ke kordinator English Club, namun sayang disayang nada dering diluar servis area kembali yang Aku dengar.
Tidak ada jalan lain selain, BERANGKAT SEKARANG JUGA !

Alhamdulillah, telah lebih 30 menit dari waktu biasa Aku berangkat. Niatku saat itu hanya untuk menunaikan amanahku, yaitu mengajar.

When you have will, there are path..

Saat Aku sampai di Desa Pengudang, tidak ada satupun anak yang berada di lokasi. Aku bertanya dengan tetangga yang tinggal disekitar lokasi les bahasa inggris tersebut, Ia bilang bahwa sebelumnya telah banyak anak-anak yang menunggu untuk ikut les namun mereka sudah pulang semua. Sedih dan kecewa, akan tetapi tidak ada rasa penyesalan yang mendalam karena Aku telah berusaha.

Tidak lama kemudian, ada seorang anak kecil yang berlari kencang menujuku. “Kak, hari ini ada les bahasa inggris ??”, tanyanya sambil terengah-engah. “Iyaa donk! kata siapa tidak ada les ??” tanggapku dengan cepat.

15 menit kemudian, semua berubah! Anak-anak berdatangan, hal terpenting lainnya yaitu tawa dan semangatnya yang membara telah menghilangkan rasa penatku salam dikantor hari ini. Begitulah aura positif, disaat kita dikelilingi aura positif tersebut, mau tidak mau, suka tidak suka kita akan terbawa olehnya.

*Foto diatas diambil setelah Aku memberikan story telling Little Red Riding Hood” yang karakternya dimainkan oleh anak-anak itu sendiri.
I just wanna said “You are great class!’

Renungan :
“Wahai Rasulullah, terangkan kepada saya, apakah ketetapan agama yang paling ringan dan ketetapan apa pula yang paling berat”. Dengan senyum Rasul menjawab: “Yang paling ringan adalah mengucapkan dua kalimat syahadat: Asyhadu anla ilaha illallah wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa Rasuluh.” Sedangkan yang paling berat wahai saudaraku, ialah amanah”

2 thoughts on “English Club to The Villages Part.3

  1. Pingback: Guru Kecilku « Erick Azof

Leave a Reply

