Guru Kecilku

Pernahkah kalian menonton “Laskar Pelangi” ? Iya, sebuah film yang menceritakan tentang perjuangan sekelompok anak-anak untuk menggapai cita-cita mereka. Muslimah, seorang guru SD yang telah membuat anak-anak tersebut berani bercita-cita tinggi dan syukur, salah satu anak yang bernama ‘Ical’ mampu menggapainya. Begitu besarnya peran seorang guru dalam mendidik serta membentuk karakter seseorang.

Hari ini seperti biasa Aku mengunjungi sebuah sekolah untuk menemani mereka belajar dan bermain Bahasa Inggris. English Club to villages, kali ini berbeda dengan hari-hari sebelumnya, Aku meminta mereka yang level senior untuk mengajarkan adik-adiknya yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Awalnya mereka terlihat bingung dan ragu-ragu. Namun semua itu ternyata hanya dugaanku belaka, saat Aku menjelaskan bagaimana mereka menjadi tutor untuk adik-adiknya, maka merekapun bersemangat. Alhasil, virus semangat yang dimiliki ‘Guru Kecilku’ tersebar cepat kepada adik-adiknya.

Mereka saat itu menjadi seorang pendidik yang luar biasa..

“Mereka saat itu menjadi seorang pendidik yang luar biasa..” Bisik hatiku. Sebagian besar dari mereka masih duduk dibangku sekolah menengah pertama namun hasrat untuk mengajarnya sangat besar, mungkin tidak seluruh siswa akan mampu melakukannya. Berikut Aku abadikan moment yang tidak akan Aku lupakan.

Terlihat para Tutor sedang mencari kosakata dalam kamus Bahasa Inggris. Mereka bisa ? Tentu bisa ! Jika berani mencoba.

Awalnya sempat ada keraguan, ternyata anak-anak punya bakat loohh…They have shown their talents!😉

Aku pikir, usia manusia diukur dari bulan & tahun, ternyata dihitung dari apa yang telah dilakukannya kepada orang lain..

Terima kasih ‘Guru Kecilku’ , sekali lagi kalian telah mengajarkan nilai-nilai kebaikan yang tak ternilai harganya kepada diriku. Aku pikir, usia manusia diukur dari bulan & tahun, ternyata dihitung dari apa yang telah dilakukannya kepada orang lain..

Sebagai penutup mari kita mengingat sekali lagi sebuah hadist yang disampaikan oleh junjungan kita Rasulullah SAW dalam hal ini bersabda :
“Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain “ (HR. Bukhari).

2 thoughts on “Guru Kecilku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s