Memaknai Kurban

Aku sudah kece belum ??😉

Hari raya kurban (Idul Adha) merupakan salah satu hari raya umat Islam. Kali inipun Aku berkesempatan untuk dapat ikut menjadi bagian dari kurban itu sendiri. Weeeiits! Bukan bagian dari si kurban, tapi bagian dari panitia yang membantu memotong hewan kurban. Yuk untuk memaknai kurban, mari kita kaji tentang makna dari kurban ini, semoga bermanfaat..


Kesalehan Ritual dan Kesalehan Sosial

Apa sih makna dari Idul Kurban ini? Sungguh luas maknanya, namun coba kita bagi menjadi dua bagian besar, yaitu kesempatan kita sebagai umat muslim untuk menunjukkan keimanannya secara ritual dan secara sosial.

Kesalehan Secara ritual. Berkurban merupakan bentuk keimanan kita kepada Allah Yang Maha Kuasa. Berkurban juga membuktikan bahwa harta yang kita dapatkan didunia ini hanyalah sebuah titipan sementara dari Allah SWT. Jangan sampai harta didunia melalaikan kita untuk beribadah kepada-Nya. Perintah berkurban Dijelaskan dalam beberapa surat dalam Al-Quran, yaitu :

  1. Al-Quran dalam Surat Al-Kautsar : 2 : “Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkurbanlah.”
  2. Ash-Shaffat : 102 – 107 (Cerita mengenai Nabi Ibrahim AS yang akan menyembelih anaknyaa Ismail AS namun atas kesabarannya, Ismail pun berubah menjadi hewan kurban yang besar. Sesungguhnya keluarga Ibrahim termasuk orang-orang yang bersabar).
  3. Al-Maidah : 27 (Perintah kurban mulai diperintahkan kepada dua putra Nabi Adam AS, yakni Habil yang berprofesi sebagai petani dan Qabil seorang peternak. Keduanya diminta untuk berkurban dengan harta terbaik yang mereka miliki. Dalam surat ini dijelaskan bahwa berkurbanlah dengan yang terbaik untuk menunjukkan ketakwaanmu)

Bagaimana dengan kesalehan sosial ? Kita diperintahkan dalam keseharian untuk Hablu minallah (beribadah kepada Allah SWT) dan Habu minannas (bermanfaat kepada sesama). Bagaimana dengan kurban ? Tentunya akan terdapat banyak manfaatnya !




  1. Membagi hasil kurban kepada kaum dhuafa. Aku pernah melihat bagaimana seorang anak sangat bahagia memakan daging. Mungkin bagi kita yang hampir setiap harinya makan daging, daging kurban ini sungguh kecil manfaatnya. Tapi yakinlah, masih banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan🙂
  2. Meningkatkan toleransi antar sesama. Aku tidak terbayang jika dalam Islam semua ibadah dilakukan sendiri-sendiri. Termasuk dengan Idul Kurban ini. Dengan adanya Idul Kurban, Aku dapat bertemu dengan muslimin dan muslimah lainnya. Dimulai dari sholat Idul Adha berjemaah, ikut proses pemotongan kurban, hingga makan duduk bersama-sama menikmati santapan. Subhanallah..Kapan lagi ya bisa makan gratis bareng-bareng ?! hehehe..
  3. Memperoleh Rezeki. Terutama bagi pedagang hewan kurban. Mereka mendapatkan pahala yang berlipat, selain memperoleh rezeki dengan menjual hewan kurban, mereka juga mendapatkan pahala dengan membantu menyalurkan hewan-hewan kurban kepada orang yang membutuhkan. Aku tidak bisa membayangkan jika disebuah pelosok daerah, sangat sulit sekali untuk menemukan hewan (sapi, kambing, dan sejenisnya). Yaa salah satunya ditempat Aku bekerja sekarang, salah satu temanku bercerita bahwa di desa pesisir hewan ternak akan sulit ditemukan. Namun, Alhamdulillah dengan adanya Idul Kurban ini, masyarakat pesisir dapat juga merasakan nikmatnya daging🙂

Untuk mengakhiri tulisan ini, Aku coba mengutip Al-Quran surat Ar Rahman (Surat ke-55) yang terkenal, yaitu :

فَبِأَيِّ آلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

“Nikmat mana lagi yang engkau dustakan”

Semoga kita mensyukuri nikmat Iman dan nikmat Islam yang sudah kita dapatkan semenjak lahir. Bagaimana cara bersyukurnya ? Jalankan perintahnya dan jauhi larangan-Nya. Pelajari Islam lebih dalam, InshaAllah semakin menyadarkan kita atas banyaknya nikmat yang diberikan..

*Mohon maaf jika ada kesalahan dalam pengutipan ataupun penyampaian, karena Aku hanya manusia biasa😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s