Ketika Manusia Terdiam

Bismillahirrahmanirrahim,

Terima kasih ya Allah yang sudah memberikan Aku umur panjang hingga 23 tahun sehingga Aku masih dapat bersyukur atas nikmat umur yang telah Engkau berikan kepadaku. Dalam tulisanku kali ini, Aku mencoba mengambil hikmah dari kejadian yang terjadi dalam beberapa hari ini. Mungkin sahabat sudah cukup sering membaca, mendengar, dan melihat ini. Namun semoga tulisan ini sebagai peringatan kembali kepada kita sebagai mahkluk yang lemah dihadapan-Nya.

  1. Ada saat dimana manusia tidak dapat berbuat apa-apa, yaitu saat ditimpa penyakit. Mereka tidak dapat beraktivitas seperti biasa. Sungguh Allah SWT Maha Berkehendak.
  2. Ada saat dimana manusia tidak dapat berbuat apa-apa, yaitu saat ketetapan-Nya merupakan  rencana yang paling matang. Ketika manusia memiliki perencanaan yang paling sempurna baginya, dan melupakan bahwa ada yang lebih berkuasa atasnya. Sungguh Allah SWT Maha Berkehendak.
  3. Ada saat dimana manusia tidak dapat berbuat apa-apa,  yaitu saat ditimpa ujian bencana alam. Mereka yang baik, yang buruk, seluruhnya meninggal dalam hitungan menit bahkan hitungan detik. Sungguh Allah SWT Maha Berkehendak
  4. Ada saat dimana manusia tidak dapat berbuat apa-apa, yaitu saat waktu hidup telah habis di dunia ini, dan malaikat Izrail pun menjalankan kewajibannya. Sungguh Allah SWT Maha Berkehendak.

 “Jika Allah sudah berkenan memberikan rahmat kepada seseorang, berkenan memberi perubahan nasib, berkenan memberi keberuntungan, berkenan memberi jalan-jalan untuk seseorang menjadi kaya dan bahagia, maka tidak ada seorangpun yang mampu menahannya. Tapi bila Allah sudah berkenan juga untuk menahan rahmat buat seseorang dan berbuat sebaliknya, maka tidak ada satupun yang sanggup menghalangi-Nya. Dan Dialah Yang Maha Perkasa Lagi Maha Bijaksana”.
(Qs. Faathir: 2).

Wahai manusia, ingat-ingatlah lebih banyak lagi akan ni’mat Allah ketimbang kesulitan hidup, ingat-ingatlah hal-hal yang lebih menyenangkan ketimbang hal-hal yang menyesakkan dada, ingat-ingatlah lebh banyak lagi karunia Allah ketimbang musibah dan bala. Apakah ada selain Allah yang bisa bikin kamu susah dan senang, kamu kaya dan miskin, kamu banyak harta dan sedikit, kamu bertambah harta dan berkurang harta, selain Allah? Laa-ilaaha illaa-huu, tidak ada, kecuali Allah saja yang bisa berbuat itu ke kamu. Fa-annaa yu’fakuun; maka janganlah kita berpaling dari-Nya”. (Qs. Faathir: 3).

4 thoughts on “Ketika Manusia Terdiam

  1. Aslm. salam kenal mas

    Sesudah membacanya membuat saya termotivasi kembali untuk selalu mengingat Allah di setiap waktu n kondisi.

    Allahu Akbar, semoga Allah selalu memberi petunjuknya kepada kita semua. Amin…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s