Universitas Kehidupan (4)

Apakah kalian pernah mendengar Unit Kegiatan Mahasiswa atau disingkat dengan sebutan UKM ? Atau saat kita masih duduk dibangku SD, SMP, atau SMA lebih dikenal dengan sebutan Kegiatan Ekstrakurikuler. Jika iya, apapun namanya kegiatan tersebut bermanfaat untuk menambah ilmu kita disamping tujuan utama kita bersekolah atau kuliah.

Ditempatku bekerja saat ini, Aku diberikan kesempatan untuk meningkatkan kemampuanku disamping bekerja mencari nafkah di perusahaan ini. Semoga ada manfaat dan hikmah dari tulisan sederhana ini.

Percaya Diri
Tidak Aku sangka bahwa Aku berkesempatan untuk meningkatkan rasa percaya diriku, yaitu bertemu dengan mentor, sahabat, sekaligus guru, yaitu Miss Banu yang berasal dari Singapura. Akupun berkesempatan untuk dapat berinteraksi dengannya selama beliau berada di Bintan.

“It doesn’t matter you make mistake, all people do mistake, and you learn from your mistake..”.

Miss Banu ialah volunteer social work untuk salah satu program di perusahaanku, yaitu English Club. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak-anak Bintan agar dapat berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris dan minimal mampu meningkatkan kepercayaan diri anak-anak agar berani berbicara Bahasa Inggris. Akupun termasuk ‘murid’nya, karena secara tidak langsung beliau mengajarkanku untuk percaya diri berbicara Bahasa Inggris. Suka tidak suka, mau tidak mau Aku harus mampu berbicara dengannya dan menerjemahkannya dengan anak-anak Bintan.

 

“First thing before learn English, you must have self confidence..!”, kata Miss Banu memberiku semangat. “It doesn’t matter you make mistake, all people do mistake, and you learn from your mistake..”. Kalimat tersebut selalu diucapkannya ketika Aku terlihat lelah untuk speaking dalam Bahasa Inggris. Maklum, meskipun Aku lulusan dari Universitas Negeri yang kata orang jebolannya oke punya, namun Aku sendiri belum mampu untuk berbicara Bahasa Inggris secara lancar.
Kesabarannya membimbingku untuk berbicara Bahasa Inggris sangatlah tinggi. Beliau selalu memotivasiku bahwa kunci pertama dalam berbicara Bahasa Inggris yaitu percaya diri. Dia memberikan ilustrasi cerita bahwa ada orang bule yang ingin belajar Bahasa Indonesia, seringkali mereka salah dalam pengucapan namun dikarenakan gaya bicaranya yang kuat dan percaya dirinya yang tinggi maka mereka yang mendengar akan respect kepadanya. Hal tersebutlah yang perlu kita ambil dari bule tersebut, Self Confidence!.

Alhamdulillah, saat ini Aku belajar sedikit demi sedikit untuk meningkatkan percaya diriku berbicara didepan banyak orang. Termasuk menjadi seorang pengajar Bahasa Inggris di program English Club pada 4 desa di Bintan.

Wirausaha
Salah satu cita-citaku yaitu sebagai pengusaha. Bagaimana memulainya ? Itu yang menjadi pertanyaanku, karena Aku sendiri saat ini berstatus sebagai seorang pekerja. Kemudian Allah SWT menjawab pertanyaanku, saat itu Aku diberikan kesempatan untuk dapat belajar bersama anak-anak SMA di kawasan sekitar tempatku bekerja.

Program Garuda Muda Camp, yaitu program pengembangan skill, serta motivasi yang diberikan kepada anak-anak SMA yang terpilih di Bintan. Saat itu Aku memiliki keinginan untuk dapat mengenalkan entrepreneurship kepada mereka meskipun pengalamanku sebagai seorang wirausaha juga belum begitu banyak. Materi tentang entrepreneurship pun Aku masukkan kedalam program tersebut, dan Alhamdulillah mereka telah menjalankannya dengan baik.

Kejadiannya begitu singkat, doaku sangat cepat dijawab oleh-Nya…

Bagaimana dengan diriku? Sebelumnya Aku sempat berfikir untuk dapat mendidik salah satu  anak Bintan agar kelak dia dapat melanjutkan keinginanku membuka suatu bidang usaha disini, namun Allah SWT berkehendak lain. Tidak hanya dapat mendidik anak Bintan, namun juga diriku diberikan kesempatan untuk belajar bagaiaman berwirausaha.

Kejadiannya begitu singkat, doaku sangat cepat dijawab oleh-Nya. Dalam waktu 2 bulan, saya belajar ilmu dari para ahli dibidangnya. Ada rekan kerjaku yang bekerja di bidang keuangan, beliau memberiku banyak masukan mengenai perhitungan dalam keuangan. Ada rekanku yang bekerja di bidang marketing, dari beliau Aku tahu cukup banyak bagaimana mencari peluang bisnis, serta ada rekanku yang memberiku ilmu bagaimana mendekati konsumen serta banyak ilmu-ilmu lainnya. Komunitas entrepreneur ini disebut dengan sebutan “Lagoi Community”.

Kaos diatas merupakan produk yang dihasilkan oleh Lagoi Community yang bertujuan ada produk yang dapat dihasilkan. Salah satunya yaitu mengangkat “Lagoi” agar memiliki “trademark” tersendiri. Dengan ide yang simpel dan terkesan eksklusif, berharap produk yang dihasilkan dapat menjadi pelopor dalam bidang usaha entrepreneur lainnya. Amin..
Rasulullah SAW bersabda: Akan dikabulkan doa seseorang di antara kamu sekalian selama dia tidak terburu-buru berkata: Aku sudah berdoa, tetapi aku tidak atau belum dikabulkan. (Shahih Muslim No.4916)

Terima kasih Ya Rab, Engkau yang telah mengabulkan nawaituku, semoga Aku terus diberikan kehausan dalam belajar dan mengamalkan ilmu..Amin.

6 thoughts on “Universitas Kehidupan (4)

Leave a Reply

