Hidup Berpasangan

Bismillahirrahmanirrahim,

Hari ini Aku menemukan artikel yang cukup menarik mengenai “Hidup Berpasang-pasangan”. Kehidupan berpasang-pasanganpun cukup banyak diteliti dan ilmu dari Al-Quran pun sudah menjawab jauh sebelumnya 14 abad yang lalu. Selama ini kita hanya mengetahui bahwa berpasang-pasangan yaitu ada seorang laki-laki dan seorang perempuan, namun dari kehidupan ini,  sel terkecil sekali pun telah diciptakan berpasang-pasangan pula oleh-Nya.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh DR Abdul Basith Jamal & DR Daliya Shadiq Jamal , menyebutkan bahwa dalam sel terkecil terdapat pasangan yang membentuk sel-sel baru. Sel ini terbelah menjadi dua, setelah itu menjadi empat, delapan, enam belas, kemudian tiga puluh dua. Yang mengherankan, pertumbuhan sel ini selalu terjadi pada bilangan genap, bukan ganjil.

“…Sisi kehidupan yang selalu berpasangan merupakan alat untuk memelihara dan memperbaiki ketimpangan yang terjadi di semua lini kehidupan..”

Peneliti tersebut juga menyimpulkan bahwa pasangan antara kedua sel juga berfungsi untuk memelihara dan memperbaiki ketimpangan satu sama lain. Bayangkan jika selama adanya regenerasi terjadi kerusakan bukan perbaikan, hampir bisa dipastikan akan tidak ada tumbuhan, hewan, bahkan manusia di muka bumi ini. Demikianlah kenyataan ini yang membuktikan adanya kehidupan yang selalu berpasang-pasangan, baik pada tingkatan sel tubuh yang kecil sampai pada tingkatan anggota tubuh yang besar.

Alquran sejak 14 abad yang lalu, telah memberikan petunjuknya tentang hal ini. Sebagaimana kita dapatkan dalam surah Adz-Dzariyat ayat 49, Allah SWT berfirman: “Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat akan kebesaran Allah.”

Juga kita dapatkan dalam surah Az-Zukhruf ayat 12, Allah SWT berfirman: “Dan yang menciptakan semua yang berpasang-pasangan.”

Allah SWT berfirman: “Dan Dia-lah Tuhan yang membentangkan bumi dan menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai padanya. Dan menjadikan padanya semua buah-buahan berpasang-pasangan. Allah menutup malam kepada siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (Ar-Ra’d ayat 3)

Semoga kita menjadi kaum yang berfikir dan dapat mengambil manfaat dari haril penelitian tersebut kecil ini. Tentunya akan membuat kita semakin bersyukur bahwa Allah SWT telah mendesain kehidupan ini sampai sekecil-kecilnya. SubhanAllah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s