Jadi Manusia Apa Adanya Saja !

Hidup di dunia hanya sekali, kita tidak akan pernah kembali lagi..
hanya ada dua pilihan: hidup sia-sia, atau memberikan yang terbaik untuk dunia!
Percayalah semua balasannya akan kita dapatkan hanya di akhirat sana…
berjuanglah meraih cita-cita… HIDUP yang BERMANFAAT!

Tulisan diatas Aku kutip dari malaikat berwujud seorang manusia super yang periang yang bernama @saptuari. Aku mengenal sosok beliau dari medial sosial Twitter. Salah satu gerakan yang dijalankannya yaitu bernama #sedekahrombongan. Gerakan ini bertujuan untuk membantu siapapun yang membutuhkan kesetiap pelosok di Indonesia.

Subhanallah, total donasi setiap harinya semakin besar. Rasa kepercayaan yang tinggi salah satu faktor mengapa para donatur dari dunia maya ini mempercayakan sejumlah dananya kepada setiap orang yang membutuhkan. Totalnya yang Aku dengar dalam satu tahun ini telah mencapai 1 Milliar rupiah. Bagaimana perjalanan manusia super ini ? Berikut sepenggal ceritanya, semoga bener dan bermanfaat ya Mbah🙂

SAPTUARI SUGIHARTO

atau dikenal dengan Mas Saptuari atau ‘Mbah’ yang satu ini berasal dari Kota Yogyakarta. Lelaki berusia 29 tahun itu telah mulai berbisnis kecil-kecilan sejak kuliah di Jurusan Geografi Universitas Gadjah Mada. Tahun ini, ia terpilih sebagai runner-up Wirausahawan Muda Mandiri 2007. Sejak masuk kampus UGM pada 1998, Saptuari telah mendambakan memiliki usaha sendiri. Sembari kuliah; beberapa usaha dijalaninya; mulai dari menjadi penjaga koperasi mahasiswa, penjual ayam kampung, penjual stiker, hingga sales dari agen kartu Halo Telkomsel.

Entrepreneur

Mas Saptuari juga pemilik usaha “Kedai Digital” sebuah usaha yang bergerak di bidang merchandise, souvenir, percetakan, dan sejenisnya. Cerita yang pernah Aku dengar tentang karirnya yaitu dahulu dia bekerja sebagai Event Organizer di Yogyakarta dan sempat juga menjadi staf marketing sebuah radio swasta. Hingga pada akhirnya dia berani untuk mengambil satu langkah yang tidak semua orang berani di usianya yang masih muda, yaitu menjadi seorang Entrepreneur (Pengusaha). Ternyata pilihannya tidak salah, pelan tapi pasti modal awal 28 juta yang didapat dengan menjual motor, rumah keluarga, serta uang tabungan akhirnya dapat menghasilkan 400 juta rupiah pada tahun pertama. Usaha ini terus berkembang hingga saat ini.

9 dari 10 pintu rezeki adalah melalui pintu berdagang (al-hadits)

Yaa jatuh bangun usaha pernah dilalui oleh setiap awal berusaha. Namun kegagalan bagi seorang pengusaha sejati mungkin sebuah langkah untuk mencapai kesuksesan dalam berusaha. Alhamdulillah saat ini Aku melihat ‘Kedai Digital’ milik Mas Saptuari merupakan franchise yang cepat berkembang.

Amanah

Selain provokator dalam bidang bisnis, ternyata jiwa sosial Mbah yang satu ini sangat kuat. AMANAH, merupakan bentuk kepercayaan yang diberikan pihak donatur kepada Mas Saptuari. Hingga akhirnya beliau membentuk sebuah gerakan #sedekahrombongan, beliaupun turut dibantu oleh para ‘bayangan’ sedekah rombongan, artinya siapapun yang ingin bekerja membantu orang dapat turut serta membantu beliau menyalurkan bantuan dana tersebut. Tentunya tidak sembarang orang dipercayakan dalam mengelola dana tersebut.

Bermanfaat Untuk Sesama

Gayanya yang tetap sederhana serta semangatnya untuk membantu sesama berjalan positif dengan bisnisnya. Luar biasa bukan ? Aku akan mengambil salah satu kutipan yang Aku ambil dari seorang ulama kita, beliau mengatakan “Bantulah orang lain yang berada disekitarmu..nah diri kita sendiri siapa yang bantu? Ya Allah SWT yang akan membantu kita!”

Subhanallah,bahwa dalam kehidupan ini sungguh sangatlah sederhana. Jadi Manusia Apa Adanya Saja! Ya kalimat tersebut Aku rasa tepat untuk menggambarkan sosok malaikat berwujud manusia super ini🙂

Silahkan cek website / untuk mengetahui perkembangan sedekah rombongan :
http://saptuari.blogspot.com/p/sedekah-rombongan.html

Hikmah :

Surat Al-An’am (6) : 160

man jaa-a bialhasanati falahu ‘asyru amtsaalihaa waman jaa-a bialssayyi-aati falaa yujzaa illaa mitslahaa wahum laa yuzhlamuuna

“Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan).”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s