Sakit di ‘Rumah Sakit’

Seperti biasa pada pagi hari setelah menyelesaikan ibadah sholat Subuh, Aku beserta kekeluarga duduk bersama dan berdiskusi ringan. Terkadang bahan diskusi dapat berasal dari ayat Al-Quran, Al-Hadist, ataupun pengalaman keseharian. Banyak ilmu dan pembelajaran yang didapat dari diskusi ringan ini. Salah satunya judul yang akan kubawakan berikut, yaitu mengenai “Sakit di Rumah Sakit”.

“Dan Kami turunkan dari Al-Qur`an suatu yang menjadi penyembuh dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur`an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang dzalim selain kerugian.” (Al-Isra`: 82)

Bismillah, semoga tema yang kubicarakan bukan untuk riya’ karena Aku sendiri manusia yang masih banyak kekurangan dan kekhilafan namun Aku harap tulisan ini sebagai pembelajaran kita sebagai umat muslim yang yakin akan kebesaran-Nya. Tema dalam tulisan ku kali ini mengenai ‘kesehatan’.

Tentu barangkali hampir setiap kita sebagai manusia biasa pernah mengalami sakit dalam hidup. Semenjak kecil Aku sudah mengalami beberapa jenis penyakit, seperti (seingetku) demam, malaria, gejala typus, magh cukup akut, dan syukurnya belum sampai masuk ruang operasi. Penyakitku itu contoh kecil dari berbagai macam penyakit yang kita lihat saat ini, Aku pernah mendengar bahwa saat ini jenis penyakit semakin bervariasi dan menyeramkan juga dampaknya hingga menyebabkan kematian.

Waah, luar biasa bukan? Ternyata ilmu manusia belum mampu mengatasi berbagai macam penyakit, malah semakin bervariasi jenisnya. Terus apa sih ilmu pengetahuan dari Islam yang dapat berikan ke kita umat jaman sekarang? Berikut Aku kutip beberapa hadist :

Dari Abu Huraira r.a, dari Rasulullah SAW, beliau bersabda,

“Allah tidak menurunkan penyakit melainkan Dia juga menurunkan obat yang menyembuhkanya.”
Rasulullah SAW juga pernah bersabda, “Dalam habbatus-sauda’ terkandung kesembuhan untuk segala penyakit, kecuali kematian.”

Beliau juga bersabda, “Benar Wahai hamba-hamba Allah, berobatlah kalian, karena Allah tidak menciptakan penyakit, melainkan juga menciptakan kesembuhan baginya, kecuali suatu penyakit.”
Para sahabat bertanya, “Apa itu?”
Beliau menjawab, “Penyakit tua.”

Dalam kutipan hadist diatas, secara jelas bahwa penyakit kematianlah yang tidak memiliki obatnya.

Sakit di Rumah Sakit

“Wah, hebat yaa rumah sakit xxxx, bisa menghasilkan duit jutaan rupiah! Bikin yang banyak rumah sakit supaya rumah sakit bisa menjadi profit, alias lahan uang”, ujar seorang pejabat.

“Ya Pak, namun bukankah tujuannya rumah sakit untuk menyembuhkan dan meningkatkan taraf hidup kesehatan masyarakat?”, balas seorang bawahannya.

“Lah? Kalau Kamu berfikir begitu, gimana kita bisa dapat duit? Gimana dokter bisa cari makan? Blablablablaa….”, ucap pejabat dengan tegas.

Penggalan kalimat diatas bukan bermaksud menyudutkan institusi ataupun individu profesional  yang bergerak di bidang kesehatan.  Bukankah kita dilarang untuk mendapat keuntungan diatas penderitaan orang lain? Ya, Sakit di rumah sakit..Aku menyebutnya begitu, karena sedikit dari kita bahwa obat yang pertama kali harus dicari sebagai umat muslim yaitu kembali kepada Sang Pencipta. Berdoa dan berusaha untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Dari penggalan diatas, terlihat bahwa nawaitu dari berdirinya rumah sakit sudah bergeser, yaitu bukan untuk menyembuhkan malah untuk mencari orang sakit sebanyak-banyaknya.

Sebenarnya kita sudah dimudahkan dalam mengatasi penyakit dengan biaya yang MURAH, Alhamdulillah selama satu tahun ini Aku mencoba mengevaluasi diri mengenai kesehatan. Jika merasa kurang enak badan, Aku berkata mungkin tubuhku minta diistirahatkan saja, maka Aku akan istirahat dirumah. Jika merasa kurang enak tenggorokan, Aku berkata mungkin Aku salah minum atau terlalu berlebih-lebihan dalam minum atau bisa juga Aku sudah berkata yang kurang baik, maka Aku akan lebih banyak introspeksi diri. Dan masih banyak lagi contohnya.

Berdasarkan pengalaman, faktor utama dari penyakit itu berasal dari pikiran, tindakan, serta makanan yang kita makan. Semua itu saling terkait satu sama lain, maka jagalah kesemua hal itu. Beda halnya jika terjadi kecelakaan, maka jalan satu-satunya dengan operasi, namun yang Aku sedihkan yaitu jika melihat seseorang yang sedikit sakit kepala, mereka mengeluh, mereka membeli langsung membeli obat, dan mereka mengandalkan obat sebagai penyembuhnya.

Ya sebaiknya saranku jika sakit, segera evaluasi diri kira-kira apa aja yang pernah dilakukan, apa kita sudah pernah menyakiti hari orang? Apa kita pernah menyakiti orangtua dengan perkataan kita? Apa kita mengambil harta yang bukan hak kita? Apa kita sudah melihat tontonan yang kurang baik untuk mata kita? Apa jenis makanan yang kita makan sudah halal dan toyiba? Karena makanan yang masuk ke tubuh kita akan menjadi darah yang mengalir didalam tubuh kita. Pada intinya, semoga kita dapat mensyukuri dan menjaga nikmat sehat yang Allah SWT berikan. Jangan sampai Sakit di ‘Rumah Sakit’, seperti ucapan pejabat itu yang mengingkan keuntungan di dalam penderitaan orang lain..Yaa bisa-bisa hasilnya bukannya menjadi halal, malah menjadi haram! Auzubillahhiminzalik..

Wallahuallam, semoga kita dapat lebih bersyukur lagi dengan nikmat kesehatan yang Allah SWT berikan. Salam sehat !🙂

Berikut link bacaan yang Aku dapatkan semoga dapat saling menguatkan kita :

Hafalan Al-Quran dapat Mencegah Berbagai Penyakit

Sumber Penyakit menurut Sains dan Al-Quran

Al-Quran Obat Segala Penyakit

5 thoughts on “Sakit di ‘Rumah Sakit’

  1. hmm gw juga melakukan hal yang sama
    sebisa mungkin ga minum obat
    btw line ini kayaknya kurang sesuatu:
    “Aku menyebutnya begitu, karena sedikit dari kita bahwa obat yang pertama kali harus dicari sebagai umat muslim yaitu kembali kepada Sang Pencipta.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s