Andai Aku menjadi CEO Bakrie Group : 7 Langkah Bakrie Group menuju Keajaiban Dunia

 

Pada tulisanku kali ini, aku akan membahas salah satu perusahaan terbesar di Indonesia, yaitu PT. Bakrie & Brothers Tbk. Tulisan ini sebagai bentuk partisipasi diriku kepada lomba blog yang diselenggarakan oleh Bakrie Group. (http://aninbakrie.com/lomba_blog)

Ada yang pernah dengar Bakrie Group? Mmm, atau Aburizal Bakrie? Ya, saat ini beliau menjabat sebagai ketua umum partai Golkar. Kemudian, anda kenal dengan Anindya Bakrie? Mungkin sebagian ada yang mengenal sebagian ada yang belum kenal. Beliau adalah orang yang berani mengambil risk saat lativi tengah dilanda kebangkrutan dan menyulapnya menjadi stasiun tv yang diperhitungkan di Indonesia, yaitu TV One. Belum lagi ANTV yang juga di sulap menjadi sebuah stasiun tv yang tetap survive hingga saat ini.

Selanjutnya, apakah anda pernah dengan Achmad Bakrie? Beliau adalah pencetus awal berdirinya perusahaan dagang Bakrie tahun 1942. Hingga kini, baik dari Aburizal Bakrie hingga anaknya Anindya Bakrie, mereka semua melanjutkan kepiawaian bisnis keluarga Bakrie. Apakah pernah ada kegagalan ? Aku rasa ada, namanya berusaha. Belum afdol kalau belum merasakan susahnya membangun usaha. Ya bedanya saat ini, baik Aburizal Bakrie maupun Anindya Bakrie sudah dapat bernafas lega serta melebarkan sayapnya hingga ke dunia.

Mau tau info lebih banyak mengenai Bakrie Group, bisa teman-teman lihat linknya dibawah ini :

http://www.bakrie-brothers.com/
http://www.bakrietelecom.com/
http://bakrieconnectivity.com/
http://www.bakriesumatera.com/
http://www.bakrieland.com/
http://www.bumiresources.com/

Akan panjang ceritanya jika aku menceritakan perjalanan 70 tahun perusahaan Bakrie dalam sebuah tulisan sederhana dalam blog. Beda ceritanya jika aku menulis novel trilogi cerita perjalanan perusahaan Bakrie.

Andai menjadi CEO Bakrie Group

Tidak sembarang orang dapat bekerja di salah satu perusahaan internasional seperti Bakrie Group. Langkah-langkah yang dilakukan tidak hanya untuk kepentingan bisnis semata namun juga melihat kepentingan lingkungan dan sosial. Terutama di Indonesia, yang sangat majemuk masyarakatnya.

Jika melihat posisi Bakrie group saat ini dapat dibilang sudah sangat berkembang. Analisis Strength yang dimiliki oleh Bakrie group ini tidak lepas dari profesionalitas tim Bakrie group. Dengan mempertahankan hal ini dapat dipastikan Bakrie group tetap berkembang. Kekurangannya, yang aku lihat yaitu selalu ada isu-isu baik itu politik ataupun kepentingan perusahaan. Hal kecil seperti ini dapat rentan mengganggun keberlangsungan perusahaan. Jika isu ini tetap berlangsung, CEO menjadi orang pertama yang dapat mengubah stigma tersebut. Selalu konsisten dengan apa yang dikatakan salah satu cara untuk mengatasi isu-isu negatif tersebut. Untuk opportunites, akan aku jelaskan pada tulisan dibawah ini termasuk hambatan atau peluang apa saja yang kira-kira dapat membuat Bakrie group masih jajaran perusahaan top dunia.

7 langkah menuju keajaiban dunia

Mengapa 7? Karena 7 identik dengan keajaiban dunia. Yaa berandai menjadi seorang CEO perusahaan internasional, tidak salah bukan memiliki cita-cita setinggi itu? Hehee. Baiklah, berikut langkah-langkah menurutku yang dapat mengangkat Bakrie Group menjadi keajaiban dunia :

1. Oil & Gas. Aku menaruhnya di nomor pertama karena alam menjadi kebutuhan yang langka di beberapa tahun kedepan. Sudah sewajarnya, sumber daya alam Indonesia memiliki berbagai perusahaan baik dari dalam negeri ataupun luar negeri. Sederhananya, pengembangan Bakrie Group di bidang ini masih berpotensi luas. Jika pasar di Indonesia dapat dikuasai maka dapat dipastikan dapat mendongkrak posisi Bakrie Group di mata dunia. Seperti yang kita ketahui, bahwa Indonesia masih diakui sebagai negara yang memiliki kekayaan sumber kaya terkaya di dunia.

Berbicara mengenai hambatan, tentunya selalu ada dalam setiap keputusan. Hambatan dapat dibagi menjadi 2 wilayah, yaitu hambatan dari human resources dan alam. Akan banyak pencetus pembela lingkungan, hewan, serta masyarakat sendiri jika pengelolaan tidak di jalankan secara terstruktur. Anggaplah jika pemerintahan berjalan dengan baik maka faktor alam memang tidak dapat dihindarkan. Hambatan human resources ini sebenarnya dapat menjadi sebuah peluang, yaitu di bidang risk management. Bidang ini masih belum begitu banyak di kelola di Indonesia, oleh karena itu peluang selanjutnya yang terkait yaitu asuransi.

2. Asuransi. PT Asuransi Jiwa Bakrie (‘Bakrie Life‘) berdiri tahun 1996. Cukup baru umurnya namun menurutku tindakan untuk investasi di bidang ini masih sangat strategis khususnya di Indonesia. Masih terkait dengan bidang sebelumnya, sumber daya alam, bahwa asuransi tidak hanya sekedar mengganti kerugian dengan sebuah harta. Meskipun aku tidak begitu memahami dunia asuransi, namun aku yakin bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia beberapa tahun kedepan akan sadar betul pentingnya asuransi.

Peluangnya? Cukup tinggi! Saat ini jumlah penduduk Indonesia sekitar 230 juta, diperkirakan 20 tahun kedepan dapat mencapai 300 juta penduduk. Idealnya jika perekonomian Indonesia semakin membaik, maka setiap orang akan berpikir untuk dapat menjaga hartanya (nyawanya, investasinya, dll). Baik individu maupun perusahaan aku pastikan banyak berlomba-lomba untuk mencari asuransi yang benar-benar menjadi keamanannya. Begitu pula perusahaan asuransi, mereka akan berlomba-lomba mencari peluang untuk dapat memikat hati para investor. Bagaimana Bakrie life menjawab tantangan ini? Lakukan inovasi sedini mungkin!

3. Telekomunikasi. Mendengar perusahaan telekomunikasi, aku menjadi teringat seorang Taipan asal Meksiko, Carlos Slim Helu, tahun ini tetap menjadi orang terkaya di dunia. Wah! Hebat ya dari telekomunikasi dapat menjadi orang terkaya di dunia? Ya, aku rasa langkah selanjutnya yang urgent yaitu memahami pasar telekomunikasi di Indonesia. Memang tidaklah mudah, dahulu sempat Esia menjadi penggebrak dunia telekomunikasi namun persaingan tetap tinggi serta adanya isu membuat Esia sempat turun.

Bagaimana peluangnya di Indonesia? Menurutku, malah peluangnya lebih terbuka di Asia Tenggara. Aku rasa 20 tahun kedepan, perpindahan manusia antar satu negara ke negara lain akan meningkat tajam. Turis asing (Asia) masih menjadi peluang pasar untuk komunikasi. Jika Bakrie Group dapat menjangkau wilayah ini, aku rasa tidak lama bisa menyusul Carlos Slim Helu sebagai orang terkaya di dunia. Betul begitu?

4. Transportasi. Untuk Indonesia sendiri, lalu lintas transportasi masih berada dalam tahap perkembangan. Usaha pemerintah Indonesia untuk memperbaiki jalur transportasi demi kelancaran masyarakat serta menarik para investor adalah peluang bagus bagi Bakrie Group untuk dapat berinvestasi di bidang transportasi. Aku masih melihat transportasi darat dan air masih berpotensi dibanding transportasi udara.

Seperti yang aku jelaskan sebelumnya, bahwa hambatan utama dalam bidang transportasi yaitu ketersediaan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah. Aku rasa dalam 20 tahun kedepan masalah fasilitas ini dapat teratasi. Jika terlihat adanya tanda-tanda yang baik, maka prioritas ‘transportasi’ ini dapat di deretkan di nomor terakhir.

5. Teknologi Informasi. Dalam konteks TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) atau ICT (Information and Communication Technology) Teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Tetapi jika kedua jenis teknologi tersebut definisinya dipisah, maka dapat didefinisikan bahwa teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.

Bidang ini berkembang seiring perkembangan jaman. Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini kita berada di era pergeseran antara teknologi informasi ke kreativitas. Untuk mengejar ketertinggalan di bidang teknologi informasi ini, Bakrie groups dapat bekerja sama dengan investor-investor dari luar negeri. Percepatan ini akan berdampak besar terhadap perkembangan teknologi informasi di Indonesia. Bayangkan saja, saat ini sudah ada anak muda seperti Andre surya yang menjadi bagian penting dari film sekelas dunia, seperti Transformer. Mungkin kedepannya tidak tidak perlu belajar ke Singapura untuk belajar teknologi informasi.

6. Properti. Bakrieland Development Tbk. termasuk perusahaan yang cukup baru. Perkembangannya sungguh menjanjikan. Peluang dalam mengembangkan usaha ini masih sangat menjanjikan. Inovasi yang perlu dilakukan yaitu menggaet pasar dalam negeri khususnya di Indonesia bagian timur. Indonesia bagian timur tidak sepadat dengan Indonesia bagian barat. Saat inipun,

7. UKM (Usaha Kecil Menengah). Dukungan dari UKM, berjalannya komunikasi antara masyarakat dengan pengusaha, serta harmonisnya hubungan dengan pemerintah merupakan kunci percepatan sebuah perusahaan dapat berkembang. Oleh karena itu, Bakrie Group dapat membuat sebuah badan profesional seperti program yang dimiliki oleh pemerintah ataupun bank-bank di Indonesia untuk dapat mendukung meningkatnya kemampuan UKM.

Berbagai program sosial (CSR) Bakrie group yang tengah berlangsung sebenarnya adalah modal awal dalam melanjutkan hubungan kearah Usaha Kecil Menengah. Bedanya, dengan adanya badan yang profesional menangani CSR ini, setidaknya program-program sosial tidak hanya untuk menutupi ganti rugi namun menjadi hubungan win-win solution baik kepada masyarakat ataupun pemerintah Indonesia.

Sekian kiranya beberapa ideku yang kuharap dapat membuat Bakrie group menjadi perusahaan top dunia, kalau bisa masuk 7 keajaiban dunia. Hehehe.

Semangat Indonesia! Indonesia setara! Bakrie 70 tahun untuk Negeri !🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s