Sibuk atau Nyibuk ?

Ada jawaban yang sering aku ungkapkan jika ditanya, “Lagi sibuk ga rik?”, dan seperti biasa aku langsung menjawab “Ga koq! kenapa?”

Sibuk dan Nyibuk

Sebagian besar dari kita pasti disibukkan dengan berbagai aktivitas, seperti anak sekolah yang disibukkan dengan pekerjaan rumahnya, mahasiswa/i yang disibukkan dengan kuliahnya, karyawan yang sibuk dengan pekerjaannya. Sudah sibukkah? Aku rasa belum, ada beberapa orang yang menyibukkan dirinya dengan berbagai tambahan aktivitas, seperti ikut les tambahan, ikut organisasi, serta ada yang bekerja sambil berdagang.

Sibuk dalam KBBI berarti ‘banyak yg dikerjakan’. Aku rasa pengangguran sekalipun mereka termasuk orang yang sibuk. Sibuk mencari pekerjaan, sibuk mengisi kegiatan, ataupun sibuk menghabiskan waktuya. Ya, jadi seyogyanya semua orang yang merasa masih hidup pasti akan sibuk.

Berbeda dengan orang sibuk, istilah barunya aku menyebut dengan bahasa ‘orang nyibuk’. Yaitu orang yang sibuk dengan dirinya sendiri bukan berfokus kepada aktivitasnya. Kalau bahasa gaulnya disebut orang yang ‘rebek’. Terkadang kita lupa bahwa kita tenggelam dalam sebuah kesibukan yang kesibukan itu timbul akibat dari diri kita pribadi bukan dari aktivitasnya. Berikut salah satu contohnya🙂

Sibuk VS Nyibuk berdasarkan waktu

Orang Sibuk : Aku punya acara jam 8 pagi sampai 12 siang
Orang Nyibuk : Aku punya acara hari ini

Orang Sibuk : Besok aku ga bisa janji ya datang malam ini, karena siangnya aku dari …
Orang Nyibuk : Aku punya acara hari ini

Orang Sibuk : Besok ketemu yang disini, pukul 9 pagi
Orang Nyibuk : Besok aku sibuk bro!

Orang Sibuk VS Nyibuk ketika ingin menonton film

Orang Sibuk : Broo, besok kita nonton yuk!
Orang Nyibuk : Mmmm, besok gw sibuk bro…
Orang Sibuk : Yawda, hari apa lu bisanya?
Orang Nyibuk : Yaa, gw belum tau bro…
Orang Sibuk : Oke, kalau begitu minggu depan gimana bro?
Orang Nyibuk : Yaa liat nanti ya bro…

Intinya : orang nyibuk tidak bisa disibukin karena memang sudah sibuk pada dasarnya ^_^

Orang Sibuk VS Orang Nyibuk dalam tahap lamaran

Orang Sibuk : Say, kapan kamu melamar aku?
Orang Nyibuk : Belum say, sabar yaa..nanti juga dilamar koq..
Orang Sibuk : Yaa tapi kasih kepastian ke aku dan orang tuaku..
Orang Nyibuk : Yaa, aku belum tau say..makanya doain aku ya..
Orang Sibuk : Doain apa? Doain supaya kamu melamar aku?
Orang Nyibuk : Yaa doain supaya aku siap melamar kamu… (hanya siap yaa.. ^_^)

Intinya : Orang nyibuk sibuk mencari alasan

Pernah sekali waktu aku bertemu dengan orang yang selalu mengatakan, “Aku sibuk,,,hari ini mau kesini esok mau kesana …..duh, ga ada waktu nihh!”. di waktu yang berbeda, aku juga pernah bertemu dengan orang yang mengatakan, “ohhh baik ka! besok yang jam sekian sampai sekian ya…!”

Bahasanya berbeda namun memiiki makna yang sama. Keduanya sama-sama sibuk tapi orang pertama membuat dirinya sibuk karena tidak tahu memetakan waktunya sedangkan orang kedua membuat dirinya lebih efektif dengan memetakan waktunya tepat. So, teman2 Bisa membedakan orang yang sibuk dengan yang nyibuk??

Dahulu sering kuucapkan bahwa aku suka nyibuk, yang mungkin ini sebuah doa yang akibatnya aku sendiri yang menerima (sering keteteran dalam menyelesaikan amanah). ^_^ so, jawaban seperti apa yang baik ya? Menurutku jawablah dengan “InsyaAllah gak sibuk…” Enak toh? jadi kita gak sibuk apalagi nyibuk..hehehe!

Leave a Reply

