Bikin Personal Web Yuk !

1

Personal Web

Ada yang tahu personal web? Gampang, tinggal googling semua sudah terjawab. ^_^ Hemat kata, personal web yaitu halaman website yang bertujuan untuk memperkenalkan si profil personal itu sendiri. Mungkin muncul banyak pertanyaan sebelum membuat personal web. Apakah perlu? Jika iya, apakah isinya? dan kenapa harus menulis tentang diri sendiri di personal web? Narsiskah?

Sebelum menjawab pertanyaan banyak tersebut, aku ingin menceritakan sedikit perjalanan aku mengenal dunia website ini. Aku singkat menjadi beberapa kalimat biar memudahkan pembaca๐Ÿ™‚

  1. Berawal dari hobi menulis. Niatnya ingin sharing ilmu yang didapat saat kuliah, akhirnya aku memutuskan untuk menulis tangan.
  2. Sering online. Saat kuliah dahulu sering banget mengerjakan tugas hingga larut. Laptop digunakan selain ngetik Ms Office ya untuk main game. Dari situ berfikir kenapa ga dimanfaatin lebih luas lagi, terpikirlah membuat blog.
  3. Blog. Banyak penyedia blog gratisan di luar sana. Dari blogger/blogspot, wordpress, journal live, dan masih banyak lagi yang lain. Alhasil, akupun jatuh cinta kepada wordpres. Kenapa? karena WARNA!
  4. Belajar blog. Ternyata dunia menulis sangatlah luas. Langsung deh MINDER. Karena banyak orang yang lebih jago yang lebih banyak dikunjungi oleh teman-teman blogger lainnya. Alhasil belajar blog malah bikin menurunkan percaya diri sendiri. Nah, disini serunya ngeblog. Dimana kita dilatih rasa ikhlasnya. Alhasil aku tetep mencoba menulis meski ga ada yang berkunjung ke blog ku. Hahaha!
  5. Menambah teman. Percaya dapat teman dengan modal internet dan nulis? Yaa, CIYUS! Dari menulis di blog aku yang sederhana dan aneh itu, kenal dengan teman-teman yang satu hobi. Untungnya belum pernah punya pengalaman dapat pacar karena ngeblog. hehehe
  6. Upgrade diri. Setelah menulis hingga mencapai 200 post dalam 3 tahun terakhir ini. Aku mulai merasakan bahwa orang yang profesional memiliki personal web. Banyak manfaatnya dan tentunya meningkatkan reputasi. Dalam kasus ini, aku sebagai seorang freelance harus profesional dalam segala bidang. Terutama yang terkait dengan dunia online.
  7. http://www.erickazof.com. Alhasil jadilah sebuah personal web. Dengan dibantu oleh tim “Dunia Website”, akhirnya personal webku terbentuk. Memang ini masih awal perjalanan namun aku yakin personal web akan sangat membantuku berkarir secara profesional.

Nah, begitulah kurang lebih perjalanan personal web terbentuk. Dan ternyata saat aku melihat lebih dalam mengenai personal web. Banyak para profesional yang telah mengelolanya menjadi sebuah website forum untuk para fansnya seperti contoh web dibawah ini. Sebuah web dari artis Indonesia, Agnes Monica.

Website Agnes Monica
(Para fans Agnezmo berkumpul di website ini)

8

Link : http://www.agneszone.com

Selanjutnya apa lagi kegunaan personal web? Seperti yang aku bilang sebelumnya, fungsinya untuk menunjukkan reputasi secara profesional. Seperti yang dilakukan oleh JK Rowling, seorang penulis internasional ini memiliki personal web. Isinya? Ya beberapa hasil karyanya ataupun sekedar biografinya.

Website JK Rowling
(Penulis Internasional)

9

Link : http://www.jkrowling.com/

Well, banyak yang dapat kita kaji dari personal web ini. Namun dalam tulisanku kali ini, pesan yang ingin aku sampaikan yaitu mulailah menulis, mulailah narsis, mulailah berbagi baik itu menulis melalui personal web, blog, FB, twitter atau apapun. Karena ilmu yang dibagi lebih baik daripada ilmu yang disimpan. Ibarat sebuah pohon yang rindang, jika dia dapat bermanfaat maka dia akan menghasilkan buah yang dinikmati orang banyak. Namun sebaliknya, jika kita tidak mau berbagi manfaat, ibarat pohon yang rindang daun keringnya, namun mudah terbakar.

Cheers,

2 thoughts on “Bikin Personal Web Yuk !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s