Nasehat Orang Tua

Family

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Apa yang terbayang saat membaca judul bertuliskan “Nasehat Orang Tua” ? Tanpa pikir panjang, akupun langsung klik link judul tersebut.🙂

Terlepas dari kontennya yang menurutku memang bagus karena mengangkat nilai-nilai kebaikan dari orangtua. Yang menarik adalah, jumlah komentator yang menanggapi tulisan tersebut bisa 2x lipat dari tulisan yang lain pada umumnya. Kenapa? Bannyak faktor tentunya. namun ketika aku membaca beberapa komentar yang menanggapi tulisan tersebut, aku rangkum menjadi beberapa faktor.

Berikut alasannya menurut sudut pandangku :

1) Kata “Orang Tua”. Baik anak tersebut motivator, pengusaha, dokter, pengacara, ataupun profesi lainnya. Ketika membaca judul tulisan “Orang Tua”, semua ingatan history yang terkait dengan orangtua bangkit.  Secara naluriah, tidak hanya matanya yang membaca tulisan namun juga hatinya ikut membaca. Tidak heran jika beberapa komentator ada yang meneteskan air matanya. Karena tulisan yg dibuat oleh hati, akan masuk kedalam hati jua.

2) Rasa Penyesalan Anak. Sebagian komentator ada yang menceritakan sedikit ttg pengalamannya bahwa dirinya tidak dapat membahagiakan orangtuanya. Bisa karena orangtuanya telah tiada sebelum anak tersebut berbakti, bisa pula anak yang telah meninggalkan kampung halamanannya untuk pergi merantau. Rasa penyesalan itu membuat hatinya tersentuh dan ingin melakukan sesuatu.

3) Nasehat. Terakhir, tentunya nasehat yang diberikan oleh orangtua. Ada rasa penasaran apa nasehat yang diberikan orang tua kakek Jamil Azzaini kepada dirinya. Hal ini juga menjadi sangat menarik, karena nasehat-nasehat setiap orangtua akan berbeda tentunya. Sehingga muncul rasa ingin tahu dari para komentator terhadap isi tulisan tersebut.

Penasaran apa nasehatnya? Baiklah. Aku coba meringkas dari tulisan kakek. Yaitu :

1) Jangan bawa uang haram ke rumah. Karena dapat membuat ibadahmu tidak diterima 40 hari oleh Allah SWT.

2) Rajin sujud sebelum subuh. Ketika kita merendahkan diri di hadapan Allah SWT, maka derajat kita akan diangkat oleh Allah SWT di hadapan manusia.

Semoga tulisan ringkas ini sebagai pengingat bahwa ada nasehat-nasehat orang tua yang sangat berharga. Pertanyaannya, apakah kita sadari atau apakah kita tak acuhi?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s