Apa itu #R4BIA ?

#R4BIA

Ada trending topic yg cukup seru u/ dibahas. Akhir-akhir ini bermunculan di social media seperti facebook dan twitter. Yaitu #R4BIA namanya. Mungkin salah satu dari anda pernah melihat simbol diatas ?

Apa itu #R4BIA?

Berikut aku jelaskan berdasarkan info yang aku dapatkan.

1) #R4BIA atau disebut Rabia berawal dari gerakan yang dicetus o/ perdana menteri Turki, Recep Tayip Erdogan. Pada tgl 17 Agustus 2013. Yang merupakan simbol protes atas kudeta militer di Mesir dan pusat protes anti-kudeta, Rabaa al-Adawiya Square.

2) #R4BIA disimbolkan dengan empat jari tanda demostrasi sipil memprotes penggulingan Presiden Mesir yg demokratis, Mohamed Morsi. Rab’ah (angka 4) dijadikan sebagai simbol keteguhan, kekuatan, perlawanan dan persatuan untuk seluruh dunia yang mencintai kebebasan.

3) #R4BIA Rabaa juga berarti “empat” dalam bahasa Arab. Merupakan bentuk simbol untuk menyuarakan tuntutan kepada dunia. Tepatnya di Rabaa al-Adawiya Square yaitu tempat dimana perlawanan oleh ratusan ribu demonstran selama lebih dari dua bulan. #R4BIA Rabaa al-Adawiya Square sendiri berasal dari nama seorang wanita religius yang bernama Rabi’ah Al-Adawiyah. Adawiyah adalah anak keempat (rabaa) dari keluarga, oleh karena sifat itu dipakai namanya. Pentingnya nama ini dikatakan berasal dari perjuangan Adawiyah untuk kebebasan sepanjang hidupnya.

Kenapa bukan simbol “V” (Peace) ?

#R4BIA Makna yang berarti pesan damai dengan jari empat sebenarnya sama dgn penggunaan simbol “V” yang menunjukkan peace/damai. Namun karena beberapa faktor yang dijelaskan tadi serta simbol jari empat membawa pesan yang lain. #R4BIA juga berarti Mohamed Morsi, yg merupakan presiden ke-4 setelah Nasser, Sadat, dan Mubarak.

Bagaimana cara mendukung gerakan ini ?

Ada berbagai cara yang dilakukan untuk mendukung gerakan ini, sebagian orang melakukannya dengan mengganti/menambahkan pic profile dengan simbol yang diatas. Bagi pengguna facebook atau twitter yang ingin avatarnya ditambahkan simbol seperti dibawah ini :

Bisa dengan klik link berikut : http://twibbon.com/support/r4bia-5

Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s