Rehat Sejenak

Waktu 8 jam dalam satu hari akan terasa singkat bagi mereka yang hidup diperkotaan. Pergi pagi, pulang pagi. Begitu rutinitas hampir sebagian besar orang perkotaan.

Syukurnya, kali ini 8 jam bagiku merupakan waktu cukup panjang. Saat ini aku berada disebuah kereta yang membawaku ke sebuah tempat yang bernama Yogyakarta.

Aneh memang, karena tidak lazim bagi sebagian orang untuk berlibur ditengah waktu kesibukan rutinitas bekerja. Namun, aku memilih waktu ini untuk rehat sejenak.

Rehat Sejenak
Satu momen yang selalu aku rindukan yaitu menikmati pemandangan alam ciptaan Allah SWT. Terkadang kita terlalu sibuk memikirkan apa yang terjadi pada kita dan melupakan apa yang ada disekeliling kita.

Bangun tidur, mandi, melihat jadwal, meeting, meeting, dan meeting lagi hingga haripun gelap. Begitu kurang lebih rutinitas yang aku lakukan hampir tiap hari. Hingga akhirnya aku memutuskan, rehat.

Sengaja kali ini aku tidak membawa jam tangan, sebuah benda yang sepertinya wajib menempel di pergelangan tanganku. Kali ini, aku ijinkan dia untuk istirahat sejenak. Mungkin jika jam tangan itu bisa bicara dia akan berkata, “Thank you erick, kamu sudah membiarkanku menikmati waktu didalam kesendirian..”.

Rehat sejenak bukan berarti melepas begitu saja apa yang terjadi dihadapan kita. Baik itu masalah dari kantor, keluarga, atau apapun. Lihatlah apa yang terjadi pada jam tangan tersebut, meskipun dia rehat, detik pada jam terus berjalan bukan berhenti. Lihatlah lebih dalam, dengarlah lebih peka. Kita akan dapat mendengar detik jam berjalan begitu harmonis, “tik…tik…tik…tik…”. Itulah manfaat dari rehat sejenak.

Rehat sejenak menimbulkan kepekaan diri, muhasabah diri bahwa ada kejadian yang mungkin selama ini tidak kita sadari. Itulah yang aku lakukan dari rehat sejenak ini, suatu bentuk dari muhasabah.

Thanks to Allah SWT dan teman-teman perjalananku anggo, kiki, radna, serta Ichy yang sudah membantuku untuk bisa rehat sejenak..

Tegal,
22 September 2013
10.41 WIB

Leave a Reply

